Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator
omiska.com - Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator - Youtube merupakan sebuah platform yang dapat dijadikan manfaat oleh para creator (youtuber) untuk menunjukan karya-karyanya. Selain dapat menunjukan karya mereka dalam berbentuk video, para creator juga mendapatkan uang melalui program AdSense yang juga merupukanan sebuah layanan atau produk periklanan dari Google.

Untuk mendapatkan penghasilan yang besar, tentunya para crator juga harus dapat membuat video yang ditonton oleh masyarakat dengan cakupan yang luas, apalagi youtube merupakan sebuah situs yang dapat di akses di seluruh dunia yang berarti akan memungkinkan video yang dibuat juga dapat dinikmati dari orang luar negeri. 

Untuk mendapatkan penghasilan di youtube sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi algoritma youtube yang sewaktu-waktu berubah yang susah ditebak. Untuk mendapatkan penghasilan di youtube, para creator harus memenuhi persyaratan dan harus patuh terhadap kebijakan yang sudah diatur oleh youtube. 

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah, channel youtube harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang supaya channel dapat di monetisasi. Bagi teman-teman yang baru membuat channel mungkin akan merasa pesimis ketika menetahui peryaratan ini. Jika channel telah memenuhi syarat untuk monetisasi, maka akan muncul iklan-iklan di seluruh video yang ramah bagi pengiklan.

Sesuai dengan judul artikel, pada kesempatan kali ini omiska.com akan membahas macam-macam jenis iklan di youtube yang harus diketahui oleh creator.

1. Iklan Display

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator

Iklan ini biasanya muncul disebelah video unggulan, tepat diatas video rekomendasi yang berada disamping kanan video.  Iklan ini memiliki ukuran besar, yakni 300 x 250 atau 300 x 60. Iklan jenis ini hanya muncul pada perangkat dekstop seperti laptop atau pc.

2. Iklan Overlay

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator


Iklan ini muncul dibagian bawah video yang terkadang menggangu. terkadang iklan ini muncul sebagai iklan semi transparan yang muncul 20% dibagian bawah video, dan terkadang iklan yang ditampilkan iklan berwarna yang akan menutupi bagian bawah video. Iklan ini memiliki ukuran 468 x 69 atau 728 x 90, iklan ini hanya muncul di perangkat dekstop seperti laptop atau pc.

3. Iklan Video Yang Dapat Dilewati

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator

Iklan yangd apat dilewati adalah sebuah iklan penuh yang dapat dilewati atau di skip setelah 5 detik. Iklan ini biasanya akan muncul sebelum video, pertengahan video, hingga setelah video telah selesai. Iklan ini dapat muncul diseluruh perangkat seperti perangkat desktop (laptop / pc), perangkat selular (smartphone), TV dan Console game.

4. Iklan Video Yang Tidak Dapat Dilewati

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator
Sesuai dengan namanya, iklan ini tidak dapat dilewati yang memaksa penonton harus melihat jenis iklan tersebut sebelum menonton video,  iklan jenis ini memiliki durasi waktu antara 15 hingga 20 detik tergantung standar regionalnya. Iklan ini hanya muncul di perangkat perangkat desktop (laptop / pc) dan perangkat selular (smartphone).

5. Iklan Bumper

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator

Iklan ini merupakan jenis iklan video yang juga tidak dapat dilewati yang memaksa penonton untuk melihat iklan jenis tersebut terdahulu sebelum menonton video. Namun beda dengan iklan video yang tidak dapat dilewati yang memiliki durasi waktu yang lebih panjang, iklan bumper hanya memiliki durasi antara 5 hingga 6 detik saja. Jenis iklan ini hanya muncul pada perangkat desktop (laptop / pc) dan perangkat selular (smartphone)

6. Kartu Bersponsor

Macam-Macam Jenis Iklan Youtube Yang Harus Diketahui Oleh Creator

Iklan Kartu Bersponsor yang menampilkan konten yang berkaitan dengan video, contohnya seperti produk yang ditampilkan dalam video. Biasanya jenis iklan ini digunakan oleh youtuber untuk mempromosikan sesuatu (endorsement) mengenai produk-produk yang diulas didalam video. Selain itu disini juga para creator dapat mempromosikan video mereka lainnya yang mungkin berkaitan dengan video yang mereka buat. Iklan ini hanya muncul beberapa detik di sudut kanan atas video, dan para penonton juga dapat mengklik tanda seru untuk melihat iklan yang ditampilkan atau dapat menuju link yang sudah disematkan oleh creator. Iklan ini hanya muncul pada perangkat desktop (laptop / pc) dan perangkat selular (smartphone), biacara ukuran iklan jenis ini memiliki ukuran yang bervariasi dan tentu tidak mengganggu penonton pada saat mereka menikmati video. 

Nah , itulah beberapa macam jenis iklan di youtube yang harus diketahui oleh crator. Pa salahnya bukan jika menambah pengetahuan mengenaui jenis iklan di youtube? jika artikel ini bermanfaat janga lupa share aryikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau.