6 Tips Jitu Mengatur Keuangan Yang Baik Dan Benar Yang Harus Kamu Terapkan

Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Dan Benar


omiska.com -  Kita harus dapat mengelola keuangan yang baik dan benar, karena keuangan merupakan hal yang penting dan harus bijak dalam mengelolanya. Memang mengelola keuangan itu gampang-gampang susah, apalagi bagi kamu yang hobi jajan dan sangat mudah tergiur dengan diskon-diskon yang ditawarkan di mall maupun toko online.

Walaupun begitu, seharusnya kamu harus tetap belajar mengelola keuangan dengan baik dan benar bukan? sejatinya mengelola keuangan itu sangat adjustable atau mudah disesuaikan. Itu tergantung seberapa pendapatan dan pengeluaran kamu tiap  bulannya.

Baiklah, berikut ini adalah tips mengatur keuangan yang baik dan benar yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat Anggaran Keuangan Tiap Bulan


Tujuan membuat anggara keuangan adalah supaya kamu dapat menggunakan uang dengan tepat dan bijak. Disini kamu juga harus menentukan prioritas utama yang mesti kamu dahulukan, dengan begitu ini akan meminimalisir untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kamu dapat membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan setelah kamu menyisihkan uang untuk hal-hal yang diprioritaskan. Jika belum cukup uang, kan bisa nabung bukan?

Membuat anggaran keuangan juga memiliki manfaat supaya kamu dapat mendapatkan gambaran seberapa banyak pengeluaranmu tiap bulannya. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah mengatur keuangan dengan lebih baik.

2. Melunasi Hutang

Untuk dapat mengelola keuangan yang baik dan benar, maka sebaiknya kamu tidak memiliki hutang. Apakah hutang itu perbuatan yang salah? tentu tidak. Terkadang dalam waktu yang terdesak memang memaksa kita untuk berhutang sementara, ini tidak dapat dihindari.

Hutang akan membuat kamu kesulitan mengatur keuangan menjadi lebih stabil. Alih-alih berharap keuangan kamu bertumbuh, malah terhambat dengan adanya hutang. Kamu dapat membuat anggaran untuk membayar hutang dalam prioritas kedua untuk sementara, setelah kamu melunasi hutang maka kamu akan dengan mudah mengatur keuangan dengan baik dan benar.

3. Menyimpan Uang Darurat

Kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya, termasuk keadaan darurat yang kita alami memaksa kita untuk mengeluarkan uang yang terbilang banyak. Untuk itu kamu harus menyiapkan uang darurat ini dengan nominal yang dapat kamu sesuaikan, dengan adanya dana darurat ini juga akan meminilasir kamu untuk berhutang dikemudian hari ketika kamu dihadapkan dengan situasi darurat. 

4. Usahakan Menabung

Menabung menjadi hal yang penting dalam mengatur keuangan yang baik dan benar. Dengan menabung kamu dapat membeli apapun yang kamu mau tanpa kredit dan ini akan membuatmu terasa lebih puas dengan apa yang kamu beli menggunakan tabungan tanpa kredit. 

5. Investasi

Investasi juga merupakan hal yang penting yang akan kamu rasakan dampaknya beberapa tahun hingga belasan tahun kedepan. Kamu dapat berinvestasi dengan membeli saham, pastikan pengetahuanmu sudah matang. Jika kamu ingin berinvestasi dengan cara yang sederhana, kamu juga dapat berinvestasi emas yang nilai jualnya akan terus meningkat.

6. Memahami Betul Antara Need dan Want

Banyak orang keliru dalam membedakan Need dan Want , sehingga mereka kesulitan untuk mengatur keuangan mereka lebih stabil karena membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam waktu yang besamaan. Jika kamu tidak tau membedakan Need dan Want ini cukup fatal, karena kamu akan merasa barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan malah diprioritaskan, hal yang sebenarnya harus kamu prioritaskan malah terabaikan. 


Nah, itulah beberapa tips mengatur keuangan yang baik yang benar yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya tidak salah untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, seperti hobi misalnya, hanya saja dalam artikel ini saja menekankan agar kamu dapat memprioritaskan apa yang kamu butuhkan terlebih dahulu untuk membuat keuanganmu lebih stabil dan ter-arah. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang inging mengatur keuangan yang baik dan benar. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu lainnya supaya mereka tau apa yang kamu tau.