Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada Komputer

Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada Komputer

omiska.com - Setelah kita membahas mengenai apa itu Overclocking pada komputer, mak apada kesempatan kali ini saya akan membahas keuntungan dan kerugian overclocking pada komputer yang wajib kau ketahui. 

Mengapa teman-teman wajib membaca artikel mengenai keuntungan dan kerugian overclocking pada komputer? karena dengan mengetahui dan memahami pengertian hingga keuntungan dan kerugian overclocking, maka teman-teman akan lebih tahu sebelum melakukan overclocking, dan dapat mengetahui dampak yang terjadi sehingga sebelum melakukan overclockingt teman-teman dapat memeprtimbankan kembali.

Baiklah, untuk itu langsung saja pembahasannya mengenai keuntungan dan kerugian overclocking pada komputer.

Keuntugan Overclocking

  • Adapun tujuan utama untuk melakukan overclocking pada komputer adalah, supaya komputer (PC) dapat bekerja secara maksimal. Seperti yang telah diketahui, overclocking akan memaksa komputer berkerja keras diatas wajar dan mendapatkan performa yang maksimal daripada sebelumnya.
  • Menghemat biaya upgrade, karena hanay menggunakan komputer yang biasa aja teman-teman dapat membuat  komputer itu terasa seperti komputer High End karena kemampuannya.
  • Pengalaman bermain game akan bertambah baik karena kinerja komputer semakin meningkat.
  • Mengurangi waktu Booting.
  • Video encoding dan decoding akan semakin cepat.

Kerugian Overclocking

  • Karena dipaksa bekerja, maka komputer akan mengalami ketidakstabilan yang akan berdampak pada hardware yang cepat panas hingga rawan rusak
  • Fan Case yang bagus juga belum tentu akan memperbaiki keadaan komputer yang sangat panas karena semua hardware bekerja diatas wajar, namun Fan Case mampu meredam walau tidak signifikan. Ketika komputer sudah sangat panas dan tidak dapat lagi meredam panas Prosessor, VGA dan RAM maka tidak menutup kemungkinan komponen-komponen tersebut bida hangus.
  • Akan memperpendek umur hardware, mengingat hardware beekrja diatas wajar. Tnetu dalam hal ini nkamu harus menyiapkan dana untuk mengganti hardware pada saat hardware mengalami kerusakan dan harus diganti.
  • Beberapa kasus dampak negatif setelah overclocking adalah kehilangan data alias data corupt atau crash. 
Setelah membaca mengenai keuntungan dan kerugian overclocking pada komputer, maka kamu akan semakin tau sebelum melakukan overclocking pada komputer sekaligus dapat menjadi pertimbangan. Kamu dapat melakukan overclocking jika kamu telah memilih hardware yang tepat dan handal untuk keperluan overclocking. Jika kamu tidak memahami dan ragu untuk melakukannya sendiri, maka sebaiknya coba berkonsultasi kepada teknisi komputer yang ada di kota mu. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel