Apa Itu Overclocking Pada komputer? Ini Penjelasannya

Overclocking Motherboard

omiska.com - Bagi para penggemar teknologi komputer maupun PC Builders, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah overclocking. Apa itu overclocking? dan apa dampak overclocking pada sebuah komputer?
 
So, overclocking itu sebuahnya gabungan kata dari kata Over dan Clock, yang artinya clock yang berlebih. Dalam hal ini clock bukan diartikan sebagai jam, namun ukuran dalam chip komputer yang mengartikan kecepatan pada komponen-komponen seperti GPU dan Prosesor yang terdapat didalamnya.

Overclocking damam istilah TI mengacu kepada upaya untuk membuat sebuah kumputer dapat berkerja lebih keras daripada ketentuan yang sudah dibuat oleh pembuatnya. Menurut pendapat saya, overclocking ini sama hal nya seperti melakukan root pada android, jika root pada android itu membuat pengguna lebih leluasa untuk menggunakan / mengakses perangkat tanpa khawatir dengan batasan-batasan yang telah ditentukan, sedangkan overclocking membuat komputer dapat berkerja keras diluar batas ketentuan yang sudah ditetapkan oleh para pembuatnya. Jadi intinya kedua istilah itu mengacu kepada untuk membuat sebuah perangkat dapat bekerja diluar batas ketentuan yang telah dibuat.

Secara teknis, overcloking itu sebuah kegiatan untuk meningkankan ukuran clock dari chip yang melebihi dari nilai seharusnya. Dengan begitu maka komponen akan berjalan lebih baik, misalnya standarnya 3.5 MHz menjadi 3.8 MHz. 

Overclocking akan membuat komsumsi listrik lebih boros, dan komputer yang telah di-overclocking akan membuat perangkat sistem bekerja kurang stabil karena komputer dipaksa bekerja diluar ketentuannya. Untungnya para produsen sudah melek dan membuat perangkat keras yang tahan dan  han dal pada saat sebuah komputer di-overclock sehingga kerusakan pada perangkat dapat diminimalisir.  

Jika ingin melakukan overcloking pada komputer maka sebaiknya teman - teman mengunjungi toko komputer terdekat, karena jika ingin melakukan sendiri teman - teman harus paham betul mengenai overclocking dan dengan cara-cara yang benar. Karena, jika temam - teman melakukan kesalahan akan berakibat fatal yang memungkinkan komputer tidak dapat dinyalakan karena kerusakan hardware.

Nah guys, itulah sedikit penjelasan mengenai overcloking pada komputer yang akan memuaskan penasaran teman-teman karena sering mendengar istilah ini pada saat ingin build PC. Untuk mengetahui lebih lanjut pembahasan overcloking, teman-teman juga dapat membaca mengenai Keuntungan dan Kerugian Overclocking Pada Komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel