5 Prospek Pekerjaan Yang Cocok Untuk Sarjana Teknik Mesin


5 Prospek Pekerjaan Yang Cocok Untuk Sarjana Teknik Mesin

omiska.com - Sejalannya berkembangnya teknologi, tentu kita menyadari banyak pekerjaan-pekerjana manusia yang telah digantikan dengan mesin. Mesin ikut hidup bersama dengan manusia yang akan memudahkan manusia untuk bekerja, dan mengatasi suatu hal yang tidak bisa dijangkau dengan tenaga manusia. 

Dengan begitu, Sarjana Teknik Mesin sebenarnya prospeknya bagus didalam dunia industri, karena industri membutuhkan para pekerja yang memiliki talenta dibidang illmu mesin untuk ikut berkontribusi kepada perusahaan.

Nah, apa saja sih prospek pekerjaan untuk sarjana teknik mesin? yuk disimak guys !

1. Operator dan Teknisi Mesin


Jika ditanya kepada para sarjana teknik mesin, pasti salahs atu pekerjaan yang diharapkan adalah menjadi opertaror maupun teknisi mesin dalam sebuah pabrik. tentu saja ! itu memang bidangnya. 

Tugas menjadi operator dan teknisi mesin adalah melakukan perawatan teradap mesin produksi, menyiapkan mesin produksi, mengoprasikan mesin produksi sesuai SOP, dan harus mampu mendata serta menyiapkan part-part mesin. 

Keberadaan sarjana teknik mesin memang sangat berpengaruh terhadap pabrik disuatu perusahan, tanpa ahlinya maka pabrik tidak akan berjalan dengan baik. Gaji seorang operator atau teknisi mesin bisa mencapai Rp. 5.000.000 - 8.000.000 perbulannya. 

2. Perusahaan Industri Otomotif

Pekerjaan lulusan sarjana teknik mesin kedua adalah, kamu dapat ikut berkontribusi didalam perusahan industri otomotif. Pada industri otomotif kamu akan berhadapan dengan peekrjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan otomotif, seperti motor, mobil, hingga truk. Selain itu industri otomotif juga biasanya menciptakan kompnen-komponen atau sparepart yang dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kendaraan bermotor yang mengharuskan mengganti sparepart. 

Tak hanya itu, para lulusan sarjana teknik mesin juga dpaat bekerja di posisi untuk merancang sebuah komponen seperti, body, chasis, transmisi kendaraan dan banyak lagi. Untuk dalam posisi ini para lulusan sarjana teknik mesin harus mengusasi teknik gambar dan dapat merancang menggunakan softaware CAD seperti AutoCad, Catia, Ansys dan lain sebagainya.

Jika bicara tentang gaji, para pekerja industri otomotif ini memiliki gaji yang variatif tergantung perusahaan dan jabatannya. . Jika di rata-ratakan para pekerja di industri otomotif memiliki penghasilan antara Rp.5.000.000 hingga Rp. 11.000.000. Untuk sales manager biasanya memiliki penghasilan yang dapat mendapai puluhan juta rupiah, menarik bukan?

3. Industri BioTeknologi

Pekerjaan berikutnya yang cocok untuk sarjana lulusan teknik mesin adalah dapat ikut berkontribusi pada perusahan bioteknologi. Sebenarnya sarjana lulusan teknik mesin tak berfokus pada mesin, baik itu mesin produksi, kendaraan dan lain sebagainya. Sarjana lulusan teknik mesin juga dapat ikut berkontribusi pada industri bioteknologi yang dapat memudahkan umat manusia. 

Contoh alat bioteknologi seperti peralatan farmasi, kedokteran dan banyak lagi. Jika di obrolin tentang gaji, seorang sarjana teknik mesin yang bekerja pada industri bioteknologi akan mendapat penghasilan mulai Rp. 8.000.000 hingga Rp.12.000.000.

4. Pertambangan 

Untuk memperlancar proses pengambilan dan pengolahan tambang untuk mendapatkan hasil yang baik, perushaan tambang juga butuh tenanga ahli dari sarjana teknik mesin. Bberapa perusahan tambang yang terkenal yakni, Pertamina, Freport, Cheron dan lain sebagainya. Bicara soal gaji para pekerja lulusan teknik mesin yang bekerja di perusahan tambang bisa menghasilkan mulai Rp. 8.000.000 hingga puluhan juta perbulannya.

5. Mekanik Di Industri Penerbangan

Pekerjaan yang cocok untuk para sarjana teknik mesin adalah bekerja di perushaan industri pesawat sebagai mekanik. Disini kamu akan diharuskan bekerja untuk merancang pesawat, merawat, hingga bertanggung jawab untuk menentukan material pesawat. Bicara soal gaji seorang mekanik yang bekerja di industri pesawat bergaji antara Rp. 13.000.000 hingga Rp. 18.000.000 tergantung perusahaan.


Nah, itulah prospek pekerjaan yang cocok untuk lulusan sarjana teknik mesin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat memotivasi kamu untuk terus mengembangkan diri. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel