6 Cara Mencegah Supaya Akun Youtube Tidak Diretas Oleh Hacker

6 Cara Mencegah Supaya Akun Youtube Tidak Diretas Oleh Hacker


6 Cara Mencegah Supaya Akun Youtube Tidak Diretas Oleh Hacker

omiska.com - Di zaman teknologi seperti ini memang membuat banyak umat manusia serba bisa melakukan apa aja, apalagi dengan adanya internet banyak orang yang bekerja melalui atau dari internet. Daiantaranya ada yang menjadi penjual online yang membuka toko online sendiri, menjadi blogger, penulis lepas, dan bahkan banyak juga yang mengandalkan youtube untuk menghasilkan uang disetiap bulannya.

Terlepas dari itu semua, setiap hal pasti ada sebuah konsekuensi atau sisi negatifnya. Disini yang saya maksud adalah semakin berkembangnya teknologi maka cara melakukan kejahatan juga semakin berkembang. Banyak kejadian peretasan atau serangan hacker dimana-mana, baik pada akun facebook, instagram, website hingga akun youtube. 

Saya melihat di forum Facebook saya, melihat banyak kasus akun youtube mereka di hack hingga mereka memutuskan berhenti berkarya karena putus asa. Nah, pada kali ini saya akan memberikan cara mencegah supaya akun youtube tidak kena retas dan aman dari serangan hacker.

1. Membuat Kata Sandi Yang Rumit

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuat sandi yang rumit yang akan membuat hacker susah mendapat celah. Ini bukan rahasia umum lagi dan menjadi langkah paling utama yang diketahui oleh banyak orang untuk menhindari peretasan. Hindari membuat nama sandi dengan nama sendiri, tanggal lahir atau gabungan antara nama dan tanggal lahir kamu. Usahakan membuat sandi yang rumit yang mengandung huruf, angka dan huruf kapital,

2. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Cara kedua yang direkomendasikan oleh Google adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk mencegah akun youtube kamu diretas. Verifikasi 2 langkah ini dipercaya sangat ampuh untuk memilalisir resiko serangan hacker, untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya disini.

3. Jangan Mengklik Link Sembarangan

Teknik hacking yang paling berbahaya adalah teknik yang disebut dengan Phising. Terknik Phising ini akan mengelabui para korbannya yang kemungkinan besar berhasil untuk meretas akun korban. Biasanya para hacker akan memberikan link sebagai pintu belakang untuk memasuki celah keamanan akun kamu, jika kamu mengklik link ini maka hacker akan sangat mudah membaca informasi data kamu dan dengan mudah meretas sebuah akun. Jangan mengklik sembarang link di berbagai sosial media, grup whatsapp, email penawaran, dan website-website yang mencurigakan.

4. Selalu Logout Akun Setelah Menggunakan

Untuk cara yang ke 4 ini memang agak ribet namun ampuh. Hacker juga mengicar perangkat korban untuk melihat isi dalam perangkat yang bertujuan untuk mengambil alih akun-akunkorban. Ketika mereka berhasil memasuki perangkat, maka mereka juga akan mudah untuk membobol apapun itu termasuk akun youtube. Untuk itu selalu logout akun untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, apalagi bagi kamu yang sering menggunakan perangkat komputer umum seperti di warnet, di tempat jasa fotocopy, atau bahkan kantor. Setelah logout jangan lupa menghapus formulir dan cachke perangakatmu yaa !

5. Membatalkan Serangan Hacker

Mungkin terlihat keren ya orang biasa dapat membatalkan kegiatan hacking, namun dalam hal ini yang saya maksud adalah jika kamu telah mengaktifkan verifikasi 2 langkah maka hacker akan mencari cara lain untuk memasuki celah keamanan. Untuk itu jika kamu menerima email permintaan penyetelan sandi tanpa kamu kehendaki, maka sebaiknya abaikan saja dan jangan mengkik link apapun untuk menghindari serangan hacking. 

6. Langsung Mengubah Kata Sandi

Jika kamu merasa akunmu terasa aneh dengan melihat aktifktas atau membuka website-website yang tidak kamu kunjungi sebelumnya, merubah akun kamu atau menghapus beberapa konten yang tentu tidak melanggar, maka sebaiknya kamu sesegera mungkin mengganti kata sandi selagi bisa, jika telat maka kemungkinan kamu tidak akan lagi mendapatkan akses untuk mengganti kata sandi dan akunmu hilang. 

Untuk lebih mendalam lagi, kamu dapat mengunjungi Link ini yang akan membuat akunmu tetap aman dan cara mengatasi jika akunmu telah  diretas. 

Nah, itulah beberapa tips singkat untuk mencegah supaya akun youtube kamu tidak di retas oleh hacker. Dengan mengikuti cara-cara diatas saya yakin akan meminimalkan resiko akun youtube kamu kena hack atau retas. Jika artikel ini bermanfaat kangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau. 


Anda mungkin menyukai postingan ini