6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dijamin Berhasil !

6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dijamin Berhasil

omiska.com - Anak susah makan adalah merupakan hal yang tak diinginkan oleh setiap orangtua. Pada tahun pertama orangtua merasa senang berkat selera makannya, jadi sangat mudah untuk memberi makanan yang berserat dan bernutisi. Namun, ditahun-tahun berikut nya merupakan awal dari kegundahan orangtua, tiba-tiba anak susah makan. Tentu ini akan membuat rasa galau tersendiri, khususnya seorang ibu.

Seorang ibu akan berupaya keras supaya meningkatkan selera makan anak, namun tak mudah bahkan kerap sekali gagal, namun bukan total hanya saja mereka berhasil menyodorkan 1 atau 2 sendok saja ke mulut sang anak. Lalu bagaimana cara mengatasi anak susah makan?  baiklah pada kali ini omiska.com akan memberikan tips mengatasi anak susah makan dijamin berhasil ! 

1. Jangan Dipaksa

Para ahli menemukan kecendrungan gangguan makan yang dialami oleh seorang anak pada masa depannya, ini dikarenakan pada ia dipaksa makan walaupun ia menolaknya. Ada baiknya, berikan makanan sesuai porsinya, namun menurut para ahli dianjurkan untuuk memberikan makanan sengan porsi yang kecil namun ada penambhan pada waktu makan si anak. Anda dapat memebrikan makanan kepada anak anda dengan porsi yang lebih sedikit setiap 3 jam sekali. 

Dengan menerapkan cara demikian, si anak akan membuat si anak lebih merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Hal ini akan membuat porsi amkan si anak menjadi lebih pas saat waktu maakan telah tiba. Dengan begitu, ini juga akan membantu penjadwalan makan si anak sehingga mereka akan makan teratur. Jangan pernah memaksa mereka karena bisa saja mereka akan semakin malas makan karena dipaksa.

2. Menyajikan Makanan Dengan Tampilan Yang Unik Dan Menarik

Anak-anak akan cenderung suka dengan mainan dan hal-hal unik dimatanya.Dengan begitu cobalah membuat makanan dengan tampilan yang unik dan menarik, misalnya membuat kue dengan bentuk hewan yang disukainya, atau menyusun nasi dan lauk menjadi lebih menarik dan sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan sayur-sayuran karena ini penting buat kesehatan anak. Selain itu, anda juga membeli piring dengan gambar tokoh kartun kesukaan anak sebagai upaya memanciung si anak untuk makan. 

3. Jangan Memberikan Minuman Berlebih Saat Sedang Makan

Pada anak yang mengalami selera makan yang rendah, maka pada saat mereka makan mereka cenderung sering meminta minum yang akan membuat mereka cepat kenyang dan kembung. Maka ada baiknya, berikan minum yang secukupnya dan boleh memberikan minum sebelum makan dan mengatakan kepada anak anda setelah maknana habis baru minum. Mungkin cara ini sedikit kejam, tapi its work !

4. Menjauhkan Objek Yang Akan Menggangu Anak Makan

Makan sambil menoton televisi merupakan cara yang salah, ini akan membuat anak menjadi lalai dengan apa yang ditonton dan susah untu menghabiskan makanan. Sebainya ajaklah anak makan di meja makan, dan usahakan jangan ada mainan didekatnya. Kemudian anda dapat membuka pembicaraan ringan untuk menemani anak makan.


5. Mengurangi Jajan Anak

Jajan yang sangat dan terlalu banyak bisa menjadi faktor mengapa anak susah makan. Untuk itu sebelum waktu makan tiba, maka sebaiknya jangan memberi anak jajan atau mengurangi prsi jajan mereka, selain itu anda juga dapat mengganti jajanan seperti biskuit, permen, wafer dan segala macam dengan buah-buahan. 

6. Memperkenalkan Makanan Baru

Dalam satu kemungkinan mengapa anak susah makan adalah karena mereka belum terbiasa dengan makanan-makanan yang telah anda sajikan. Untuk itu, sebaiknya pekenalkan makanan baru denagn porsi paling sedikit supaya anak mencicipi, dan ini bisa dilakukan secara berkala dalam waktu sehari. Jika anda memberikan makana yang baru dalam porsi besar, ini akan membuat anak enggan untuk memakannya. 




Nah, itulah sedikit tips mengatasi anka susah makan. Semoga tips-tips diatas dapat emmbantu anda untuk mengatasi masalah dimana anak susah makan. Janga lupa share ke teman-teman anda supaya mereka tau apa yang ada tau.