Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Linux Sebagai Operasi Sistem

Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Linux Sebagai Operasi Sistem

Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Linux Sebagai Operasi Sistem

omiska.com - Apa yang kalian pikirkan jika mendengar kata Linux? mungkin sebagian besar dari kamu akan berfikir bahwa Linux merupakan OS yang biasa digunakan untuk hacking. Ini tidak salah, memang sebagian besar para pegiat IT atau paham didunia komputer (istilah umum) pasti menggunakan OS ini atau setidaknya pernah menggunakannya. 

Sedikit bercerita mengenai sejarah Linux. Linux pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvald di Finlandia. Pada dasarnya Linux ini bukannlah sebuah OS melainkan "hanya" kernel yang merupakan project pribadi mahasiswa tersebut. Kernal dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah Operasi Sistem.

Linux juga diciptakan sebagai Open Source yang dapat dikembangkan oleh siapapun penggunanya,  selain itu Linux juga dapat digunakan tanpa memerlukan lisensi alias Gratis. Beberapa Distro linux yang terkenal yakni : Ubuntu, Debian, OpenSuSe, CentOS, Fedora, BlankOn dan Kali Linux.

Lalu apakah Linux merupakan Operasi Sistem yang dapat dikatakan lebih baik dari Windows atau MacOs? pada kali ini omiska.com akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Linux yang mungkin akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menghantui pikiranmu. 

Kelebihan Linux

1. Keamanan 

Salah satu yang cukup terkenal kelebihan dari Linux adalah keamanannya, bahkan di klaim Linux merupakan Operasi Sistem lebih aman dari Window yang dikenal sangat rentan dengan Virus. Hampir jarang pengguna Linux mengalami masalah dikomputernya karena kasus Malware. Jadi ketika kamu menginstall dan menggunakan Linux sebagai Operasi Sitemnya maka kamu tak perlu repot mengkhawatirkan Malware dan tak perlu menginstall Anti Virus.

2. Open Source 

Karena ini merupakan Operasi Sistem yang berbasis Open Source, maka Operasi Sitem ini dpaat dikembangkan kembali oleng penggunanya. Sleain itu seperti yang sudha dijelaskan diatas Linux dpaat digunakan secara gratis tanpa memerlukan Lisensi.

3. Cocok Digunakan Untuk Server

Karena dari dfaktor keamanan Linux tergolong merupakan Operasi Sitem paling aman, maka Linux sanagt cocok digunakan sebagai Operasi untuk Server, Cloud, dan dari berbagai perusahaan didunia.

4. Dapat Digunakan Pada Komputer Spesifikasi Rendah

Linux tidak memerlukan spesifikasi komputer tinggi untuk beroprasi dengan normal, ini dikarenakan Linux sangat ringan dan tidak banyak mengkonsumsi Resource pada komputer.

5. Memiliki Forum/Komunitas Yang Besar Diseluruh Dunia

Untuk belajar Linux kamu tidak perlu khawatir jika belum menemukan seseorang yang paham mengani Linux, ini dikarenakan pengguna Linux diseluruh dunia telah membentuk Komunitas yang akan membantumu mendapatkan informasi terbaru maupun tips dan trik mengenai Linux.

Kekurangan Linux

1. Tidak Cocok Untuk Seorang Gamer

Perlu diingat jika kamu yang hobi bermain game dan berharap akan melakukan aktivitas gaming di Linux maka sebaiknya kamu mengurungkan niatmu untuk menggunakan Linux. Linux dikenal sangat tidak cocok untuk melakukan aktivitas gaming, walaupun ada beberapa game yag dapat dimainkan namun tidak sebanyak dan selengkap dengan Operasi Sistem Windows. 

2. Harus Familiar Dengan Perintah Di Terminal

Jika kamu ingin menggunakan Linux maka mau tidak mau kamu harus belajar mengenai printah di terminal atau bahasa teknisnya adalah Command Line. Untuk mempelajarinya kamu dapat bergabung di forum atau komunitas yang membahas seputaran Linux, dan dapat mempelajarinya dari dasar. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan memakai linux sebagai operasi sistem. Linux ini sanagt cocok digunakan oleh seorang ahli IT dan orang-orang yang ingin belajar didunia IT karena Linux didedikasikan untuk seseorang yang ahli di bidang komputer. Linux juga sangat aman dari malware, jadi tak perlu khawatir dengan adanya virus dan repot-repot menginstall Anti Virus untuk keamanannya. 

Anda mungkin menyukai postingan ini