8 Tips Supaya Kamu Mudah Diterima Saat Melamar Kerja Di Perusahaan

Tips Supaya Kamu mudah Diterima Saat Melamar Kerja

omiska.com - Untuk melamar kerja memang membutuhkan usaha yang ekstra dan disertai dengan doa. Tidak semua surat lamaran dan berkas yang diberikan oleh pelamar kerja menarik dimata HRD, maka dari itu pelamar harus memiliki strategi dan cara yang tepat untuk melamar pekerjaan supaya pelamar mudah diterima oleh perusahaan. Mungkin, beberapa tips supaya kamu mudah diterima saat melamar kerja dibawah ini bermanfaat. Check this out !!

1. Mengenal Perusahaan

Sebelum melamar disuatu perusahaan, maka ada baiknya pelajari dulu mengenai perusahaan, seperti mengenal profil perusahaan, bagaimana kerjanya dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan perusahaan. Pada saat interview, sering sekali HRD menanyakan apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan yang akan kamu lamar. Untuk meminimalisir kegagalan dalam melamar kerja maka dari itu kamu harus mengetahui sedikit banyaknya mengenai perusahaan yang akan kamu lamar nantinya.

2. Menulis Surat Lamaran Yang Menarik

Dalam dunia kerja tentunya kamu tak bisa bermain-main lagi, dalam hal ini untuk membuat surat lamaran seharusnya buatlah surat lamaran yang menarik dengan format dan bahasa yang formal. Dalam surat lamaran, berikan daya jualmu dan buatlah kamu menarik dan berikan apa alasannya mengapa perusahaan harus menerimamu.

3. Membuat CV Yang Singkat Namun Spesifik


Banyak pelamar membuat CV panjang lebar, hingga pada riwayat pendidikan pun dimulai dari SD. Untuk membuat CV yang singkat namun spesifik, sebaiknya buatlah riwayat pendidikan dari bangku kuliah karena ini akan menjadi pertimbangan, dan berikan pengalamanmu dalam beberapa tahun terakhir sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan (jika memiliki pengalaman).

4. Menambahkan Surat Rekomendasi Perusahaan Sebelumnya

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, maka sebaiknya kamu meminta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Jika kamu memiliki hubungan baik dengan perusahaan sebelumnya, dalam hal ini surat rekomendasi ini akan sangat mudah untuk di urus.

5. Menjaga Sikap Di Media Sosial

Percaya atau tidak, perusahaan juga akan menilaimu dari profil sosial mediamu. Itulah sebabnya beberapa perusahaan meminta alamat profil sosial media pelamar untuk melihat jejak digital para pelamar. Untuk itu, bijaklah bermedia sosial dan hapus postingan-postingan negatif dan gunakan foto profil yang mencerminkan kamu adalah orang terpelajar.

6. Mengenakan Pakaian Formal dan Rapi

Perusahaan juga dapat menilai karaktermu dari penampilan, untuk itu gunakanlah pakaian yang formal dan rapi. Hindari memakai celana jeans dan sepatu sport, dan jangan lupa memakai parfum untuk menghindari bau tak sedap.

7. ProAktif Pada Saat Interview

Selain menjawab pertayaan-perntayaan pada saat sesi interview, maka lebih baik lagi tunjukan antusias dan rencanamu terhadap perusahaan. Dengan begitu pihak perusahaan pun akan lebih bersemangat dan yakin dengan kinerjamu nantinya, gunakan bahasa yang sopan dan tidak lebay.


8. Tetap Percaya Diri Pada Saat Interview


Pada saat interview merupakan saat menegangkan, tak sedikit orang merasakan gugup dan interview mereka menjadi amnyar. Untuk itu, sebaiknya bersikap tenang dan tetap percaya diri. Jika kamu memiliki masalah seperti sering gugup dan sebagainya, mungkin sebelumnya kamu dapat melatih diri dengan memperluas pergaulan, menambah pengetahuan / wawasan dan seringlah berinteraksi dengan orang-orang dengan karakter yang berbeda-beda. Sebenarnya latihan ini lebih baik dilakukan jauh hari sebelum melamar pekerjaan, maka dengan begitu dirimu sudah matang dan sudah siap menghadapi interview. 

Nah guys, itulah sedikit tips supaya kamu mudah diterima saat melamar kerja pada suatu perushaan. Semoga artikel ini membantu dan dapat menjadi referensi apa saja yang akan kamu lakukan dan persiapkan sebelum maupun pada saat melamar pekerjaan. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ke teman-teman kamu yaa ..