Perbedaan Minus Dan Silinder Yang Harus Kamu Ketahui


Perbedaan Minus Dan Silinder Yang Harus Kamu Ketahui
omiska.com - Penyakit mata yang sangat umum diderita oleh manusia adalah Mata Minus (Myopia) atau Silinder (Astigmatisma). Gejala pada umumnya yang menandakan bahwa penderita mengalami penyakit mata ini ditandai dengan terjadinya pengaburan pada penglihatan. Mata Minus dan Mata Silinder memang memiliki gejala yang sama, namun faktanya kedua nya merupakan penyakit mata yang berbeda. Nah berikut ini adalah perbedaan minus dan silinder yang harus kamu ketahui.

Mata Myopia ( Mata rabun jauh)

Penyebab mata Myopia atau sering dikenal dengan mata minus disebabkan  terjadinya kelengkungan pada kornea yang terlalu besar, hingga cahaya yang masuk tidak bisa fokus. Mata Myopia ini terjadi dikarenakan faktor keturunan maupun karena sering melakukan aktivitas komputasi dengan jarak mata ke layar terlalu dekat. Seseorang yang mengalami mata Myopa ini diklaim cenderung terus bertambah, apalagi jika penderita merupakan anak yang masih masa pertumbuhan. 

Mata minus tidak dapat dapat diobati dengan obat-obatan, kecuali jika melakukan operasi Lasik. Jika seseorang telah menderita mata minus maka sebaiknya menggunakan mata dengan ukuran lensa yang sesuai dengan mata penderita dan mengurangi aktivitas yang memungkinkan terjadinya peningkatan pada mata minus, seperti menonton, melakukan komputasi, dan membaca terlalu dekat. 

Mata Silinder ( Astigmatisma)

Mata Silinder terjadi dikarenakan panjang kornea horizontal dan vertikal tidak sama atau tidak singkron. Mata Silinder ini pada umumnya dapat terjadi karena faktor keturunan, membaca, menonton, dalam keadaan tidur memiring dan penyebab-penyebab lainnya. Kabar baiknya, Mata Silnder ini tidak akan bertambah seperti mata minus, asalkan penderita menggunakan lensa kacamata yang sesuai dengan ukuran mata. Sebaliknya, jika penderita menggunakan lensa yang tidak cocok maka akan terjadi peningkatan.

Nah, itulah perbedaan mata minus dan silinder yang harus kamu ketahui, jadi kesimpulannya adalah mata minus akan dapat terus bertambah apalagi jika penderita mash dalam masa pertumbuhan. Sedangkan Mata Silinder tidak dapat bertambah jika penderita menggunakan kacamata dengan lensa yang sesuai dengan mata. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kamu yaa !!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel