5 Cara Mengatasi Insomnia Akut Dengan Cara Yang Mudah

5 Cara Mengatasi Insomnia Akut Dengan Cara Yang Mudah

omiska.com - Insomnia adalah salah satu problematika yang dialami oleh banyak orang didunia. Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang susah tidur atau tidak dapat tiduir dengan nyenyak. Tidur merupakan salah satu kebutuhan alamiah manusia, tidur juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh terutama pada otak. Jika seseorang yang sering mengalami insomnia performa tubuh khususnya otak akan menurun, dan biasanya akan sangat mudah terserang penyakit.

Banyak orang mengambil langkah alternatif untuk mengatasi insomnia dengan minum obat tidur. Namun perlu diketahui, jika sering dan terus-terusan menggunakan cara ini akan membahayakan kesehatan tubuh karena efek samping yang ditimbulkan.

Nah, bagi kamu yang ingin mengatasi insomnia tanpa efek samping dan cara yang aman untuk kesehatan tubuh, kamu dapat mengikuti Cara Mengatasi Insomnia Akut Dengan Cara Yang Mudah berikut ini.

1. Menjaga Waktu Tidur Dan Menjaga Waktu Bangun Tidur Teratur

Point ini adalah pokok permaslahannya, ini dikarenakan banyak orang yang susah menjaga waktu untuk tidur dan terus konsisten. Walaupun kamu susah tidur pada malam hari dan tidur lebih larut malam, maka sebaiknya waktu bangun tidurmu tetap konsisten diwaktu yang sama. Kamu dapat meminta ibumu untuk membangunkan tidur pada jam biasa kamu bangun tidur, atau mengatur alaram pada waktu tertentu. Jika ini dibiasakan maka tubuh akan melakukan "Kalibrasi" sehingga tubuh kamu akan mudah mengatur waktu kapan kamu bisa tidur pada malam hari kedepannya.

2. Makan Malam Lebih Awal

Makan malam lebih awal ini akan membuat tubuhmu cepat lelah karena energi terserap dengan cepat, secara otomatis tubuh akan merasa lelah dan kantuk sehingga akan memerintahkan otak dan tubuh untuk beristirahat. Kamu dapat makan malam 3-4 jam sebelum waktuinya tidur, dan lebih baik jangan biasakan tidur setelah makan malam karena akan mengakibatkan asam lambung akan meningkat dan dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang akan membuatmu tetap terjaga. 

3. Menggunakan Kasur Khusus Untuk Tidur

Jika kamu sering melakukan banyak aktivitas ditempat tidur maka sebaiknya kamus egera menghentikan kebiasaan ini. Aktivitas yang sering dilakukan ditempat tidur pada umumnya seperti meonton, makan, telponan, main game dan membaca buku. Perlu diketahui, otak memiliki mekanisme yang pada saat kita beranjak ke tempat tidur akan membuat kita mudah untuk tidur dengan pulas. Ini artinya, jika kamu membiasakan diri melakukan banyak aktivitas ditempat tidur, maka akan membuat otak berfikir keras dan memberi sugesti bahwa tempat tidur bukan hanya digunakan untuk menginstirahatkan tubuh saja. Tentu ini akan membuatmu susah tidur pada malam hari.

4. Menghilangkan Beban Pikiran Menjelang Waktu Tidur

Memiliki beban pikiran atau stress yang berlebih juga akan memicu insomnia. Maka sangat dianjurkan pada saat malam hari buatlah pikiran dan tubuh tenang tanpa beban pikiran, kamu dapat berbincang dengan keluarga atau teman dekat, atau bermain dengan hewan peliharaan untuk meredam stress berlebih. Selain itu kamu juga dapat mandi dengan air hangat, mandi dengan air hangat dipercaya dapat membuat tumuh menjadi lebih rileks dan mengurangi stress.

5. Tidak Mengkonsumsi Minuman Berkafein Menjelang Tidur

Pada saat sepulang kerja mungkin beberpaa dari kamu ingin merasakan secangkir kopi untuk menikmati istirahat pada malam hari. Ini merupakan kebiasaan yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa kamu sering mengalami insomnia. Kafein yang terkandung pada minuman akan merangsang efek diuretik dan akan membuatmu susah tidur atau sering terbangun pada saat tidur, ini tentu akan menurunkan kualitas tidurmu pada malam hari. 

Nah, itulah beberapa Cara Mengatasi Insomnia Akut Dengan Cara Yang Mudah. Mulai nanti atau besok coba hentikan kebiasaan yang kurang baik dan mulailah kebiasaan sehat yang akan membuatmu terhindar dari insomnia. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau.