5 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows 7


omiska.com - Seperti yang diketahui, microsoft sudah mengumumkan atas berakhirnya update-an untuk Windows 7. Dengan begitu, para pengguna Windows seharusnya mengupgrade ke Windows 8 atau bahkan Windows 10. Namun ternyata, banyak pengguna Windows masih setia menggunakan Windows 7 dikarenakan ringan dan Compatible pada laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

Bagi para pengguna Windows 7 pada umumnya sudah tidak asing lagi dan prnah mengalami CPU Usage 100% yang membuat laptop menjadi sangat lambat dan stuck pada sebuah aplikasi. Maka dari itu, kali ini omiska.com akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara mengatasi CPU Usage 100% pada Windows 7 sehingga akan membuat laptopmu lebih cepat.

1. Membersihkan Virus Yang Membandel Di Laptop

Virus dapat menjadi salah satu alasan mengapa CPU cepat panas dan Usage 100%. Maka dari itu, sebaiknya hapuslah seluruh virus pada laptop dengan menggunakan aplikasi Antivirus seperti Avast, Smadav, Avira dan lain sebagainya.

Jika virus tak kunjung terhapus, maka sebaiknya back-up dulu data-data disluruh Hard Disk ke Hard Disk External, lalu cobalah memformat dan melakukan install ulang. Karena beberapa kasus ada virus yang tidak dapat dibersihkan oleh antivirus, maka dari itu jalan satu-satunya adalah memformat Hard Disk , dan ini dijamiin keberhasilannya. Sebelum memformat pastikan semua data-data (penting telah di back-up ke Hard Disk External.

2. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Penting Berjalan Pada Saat Strtup

Untuk mematikan atau men-disable kan aplikasi yang berjalan pada saat Startup (Pada saat laptop dinyalakan) adalah dengan cara mengetik "msconfig" tanpa tanda petik dan klik pada Tab Startup lalu klik kanan pada aplikasi yang dipilih (aplikasi yang tidak penting) dan pilih disable untuk mematikannya. Dengan cara ini tak hanya membuat laptop kamu menjadi ringan, bahkan pada saat Startup juga kamu akan melihat dampak perubahannya yang terasa lebih cepat dari sebelumnya.

3. Membersihkan File Sampah Pada Laptop Yang Telah Menumpuk


Penyebab lainnya yang membuat CPU Usage 100% adalah dikarenakan adanya dile sampah yang telah menumpuk. Cara menghapusnya sangatlah mudah, kamu cukup menekan CTRL + R untuk membuka Run, lalu ketik ""%temp%" tanpa tanda petik dan hapus semua file sampah, jika ada file yang tak dapat dihapus maka cukup di skip saja, karena file tersebut sedang digunakan. Lakukan cara seperti tadi dan ketik "prefetch" tanpa tanda petik dan hapus semua file sampah yang telah menumpuk.

4. Membersihkan Heatsink CPU Untuk Memperlancar Sirkulasi Udara

Cara keempat jika semuanya ketiga cara diatas telah dilakukan dan CPU masih Usage 100%, kamu dapat memongkar laptop dan bersihkan Heatsing CPU akan sirkulasi udara menjadi lancar, mungkin karena telah lama digunakan kamu malah lupa membersihkan debu-debu yanng munkin telah menumpuk di dalam komponen laptop dan membuat sirkulasi udara tidak lancar, ini dapat menyebabkan laptop cepat panas.

5. Menginstall Ulang Windows

Cara terakhir adalah menginstall ulang Windows kamu, ini mungki dapat kamu lakukan karena mungkin secara tidak sengaja kamu mengklik iklan dan secara otomatis ada aplikasi tak jelas terinstall dengan sendirinya. Dengan menginstal ulang, sceara otomatis seluruh regiustry, driver dan aplikasi juga ikut dibersihkan, ini tidak menutup kemungkinan virus yang membandel juga ikut terhapus. Sebagai saran, jika menginstall ulang sebaiknya kamu melakukan format juga terhadap Hard Disk atau SSD kamu agar virus menghilang secara total, untuk itu sebaiknya sebelum memformat kamu seharusnya memback-up data terlebih dahulu dengan Copy file bukan Cut.

Nah guys, itulah sedikit tips cara mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows 7. Dengan mengiikuti cara-cara diatas seharusnya laptop kamu akan kembali bekerja dengan normal, jika setelah melakukan langkah-langkah diatas namun kinerja laptop tak kunjung normal, maka sebaiknya periksalah Hardware dan pastikan masih bagus atau mengganti Pasta Thermal dengan Pasta Thermal yang baru.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau ..