Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Berkualitas Supaya Tidak Menyesal

tips sebelum membeli mobil bekas berkualitas supaya tidak menyesal dan rugi

omiska.com - Mungkin semua orang mengingkan mobil, bukan hanya keinginan melainkan merupakan sebuah kebutuhan. Bagi anda yang sudah berkeluarga pastinya membutuhkan mobil untuk berpergian bersama keluarga anda tentunya, namun bagaimana jika kita memiliki modal minim namun mendambakan mobil yang nyaman dan berkualitas.

Namun, apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas? Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas namun tak mau kecewa dengan pilihanmu ada baiknya baca dulu tips sebelum membeli mobil bekas berkualitas supaya tidak menyesal.

1. Lakukan Pengecekan Bagian Komponen Mobil

Mengecek komponen mobil adalah hal utama yang sering dilakukan oleh mereka yang akan membeli mobil bekas. Anda dapat mengecek disetiap bagin mobil seperti AC, kap mesin, Power Window, dan pintu mobil, pastikan semua masih berfungsi dengan baik. 

2. Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Ketika anda ditawarkan mobil dengan kondisi body terbilang mulus atau sangat mulus, belum tentu mobil itu baik-baik saja seperti Covernya. Ada baiknya lakukan pengeceekan pada mesin mobil dan dengarkan suaranya, jika ada suara yang janggal bisa ajdi mesin mobil tersebut dalam keadaan kurang sehat. Selain itu cek juga transmisi dan Rem dan pastikan semuanya bekerja dengan normal.

Selain itu pastikan juga mobil tersebut bukan bekas terkena banjir, untuk memastikannya anda dapat mendengar suara mesinnya dan pastinya jika mobil tersebut pernah terendam banjir maka suaranya akan terdengar lebih keras daripada mobil yang tidak terendam banjir, maka disini anda harus lebih teliti dalam membedakannya. 

3. Cek Cat Pada Mobil

Setelah mengecek kondisi mobil beserta mesin mobil dalam keadaan baik-baik saja, langkah selanjutnya yang and alakukan adalah mengecek cat mobil. Patrikan cat pada mobil masih mulus dan tidak berkarat, cek juga cat diatas atap mobil apakah dalam keadaan baik-baik saja (mulus) atau sudah retak-retak atau berbintik. Jika anda melihat warna bamper atau pintu mobil agak berbeda dari warna lainnya, maka bagian warna yang ebrbeda itu bekas di repaint, munkin dulunya mobil tersebut bekas tabrakan dan kemudian di perbaiki dan di repaint.

4. Cek Dokumen Mobil

Selain mengecek keadaan mobil anda juga mestinya mengecek dokumen mobil, seperti STNK, BPKB dan service record. Pastikan surat-surat itu asli, anda dapat mengecek kesamaan nomor rangka dan nomor mesin, cek juga pajaknya jika penjual belum membayar pajak mobil dalam waktu tertentu maka ini akan menjadi pertimbangan dalam negosiasi harga.

5. Menanyakan Asuransi Mobil

Sebaiknya, anda menanyakan apakah mobil tersebut diasuransikan atau tidak kepada penjualnya. Jika penjual mengatakan mobil yang kana dijual diasuransikan maka anda dapat meminta dokumen-dokumen penting yang menyatakan mobil tersebut diasuransikan. 

Perlu diketahui peroses balik nama dapat dnegan mudah dilakukan jika semua dokumen serta surat jual beli masih dalam keadaan lengkap. Sebelum melakukan pembayaran anda mesti mengisi atau melengkapi surat dukumen jual beli, pastikan surat itu adalah legal atau bermaterai. 

6. Melakukan Test Drive

Mengecek keadaan mobil saja belum cukup, untuk meyakinkan bahwa mobil yang akan anda beli itu baik-baik saja adalah dengan cara meminta penjual untuk menyerahkan mobilnya kepada anda untuk Test Driver. Anda dapat mengecek setir mobil dan suspensi mobil saat dikendarai, untuk mengetes setir mobil baik-baik saja cobalah bawa mobil dalam kecepatan rendah lalu lepaskan tangan anda dan lihat, jika mobil masih berjalan lurus maka dapa dipastikan setir mobil masih dalam keadaan baik-baik saja dan begitun sebaliknya. Selaiin itu cobalah berbagai manuver dan coba rasakan kenyamanan mobil dan pastikan suspensi masih dalam keadaan baik.

7. Negosiasi Harga

Langkah terakhir adalah melakukan penawaran atau negosiasi harga, sebelum melakukan penawaran sebaiknya anda juga harus mengetahui harga pasaran mobil bekas yang akan anda beli. Jika penjual menjual mobil dengan harga diatas rata-rata maka ini dpaat anda pertimbangkan lagi, dan mintalah harga nego pada penjual.

Note : Untuk berjaga-jaga anda dapat meminta fotocopy KTP penjual, karena kita kedepannya tidak tau ada maslaah apalagi mengenai mobil yang telah dibeli

Nah, itulah beberapa tips sebelum membeli mobil bekas berkualitas supaya tidak menyesal dikemudian hari. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan ke teman anda supaya mereka tau apa yang anda tau.