Tips Memilih Kacamata Minus Yang Tepat Agar Tidak Mengganggu Penampilan

Tips Memilih Kacamata Yang Tepat Yang Harus Kamu Ketahui

omiska.com - Semua orang ingin terhindar bahkan sembuh dari mata minus atau rabun jauh (Myopia). Namun mau bagaimana lagi, mata minus disebabkan oleh banyak hal, seperti melihat layar komputer atau tv dengan jarak terlalu dekat, atau bahkan dikarenakan sering bermain gadget diruang yang gelap. Untuk mendapatkan penglihatan lebih jelas, seorang penderita rabun jauh / mata minus harus menggunakan kacamata sebagai alat bantunya. Sebagian orang akan risih jika menggunakan kacamata, karena itu tak sebagian kecil dari penderita rabun jauh / mata minus ini lebih memilih memakai contact lens khusus untuk membantu penglihatan mereka.

Bagi kamu yang akan memilih kacamata untuk membantu penglihatanmu, ada baiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum membeli kacamata supaya tidak mengganggu penampilanmu :

  • Sebelumnya periksalah dan konsultasilah ke dokter mata untuk mengetahui ukuran lensa berapa yang cocok untuk matamu. 
  • Pilihlah lensa berbahan Polikarbonat karena lensa bebahan Polikarbonat cenderung lebih ringan, namun harganya lebih mahal.


Selain memilih lensa yang sesuai dan mengedepankan kenyamanan, kamu juga harus pintar menyesuaikan frame kacamata dengan bentuk wajahmu.

Wajah Persegi

Ciri : Dahi lebar, memiliki garis rahang yang tegas, proposional baik vertikal maupun horizontal.

Jika kamu memiliki bentuk warjah seperti ini, disarankan memilih frame kacamata dengan sudut yang minim. Karena bentuk wajah ini akan telihat lebih tegas pada bagian rahang, maka dari itu dengan menggunakan frame kacamata dengan sudut yang minim akan mengurangi ketegasan rahang. 

Wajah Bulat

Ciri : Pipi lebar (Chubby), dahi lebih luas dan dagu bulat.

Jika kamu memiliki wajah yang bulat, maka sebaiknya pilihlah frame kacamata dengan bentuk persegi panjang, karena frame dengan bentuk ini akan terlihat leboh kontras pada wajah anda dan lebih cocok digunakan pada wajah berbentuk bulat.

Wajah Oval

Ciri : Memiliki lengkung garis rahang yang soft, memiliki dagu sedikit runcing, tulang pipi terlihat lebih tinggi.

Wajah berbentuk oval adalah bentuk wajah yang ideal diantara bentuk wajah lainnya. Dengan begitu kamu cocok menggunakan frame kacamata dengan bentuk apapun karena semua bentuk frame kacamata akan cocok kamu gunakan. Namun, ukuran frame juga harus disesuaikan dengan lebar wajah kamu ya !

Wajah Hati :

Ciri : Dahi lebar, memiliki dagu yang runcing, memiliki tulang pipi yang agak lebih tinggi dari oval.

Jika kamu memiliki wajah berbentuk hati, sebaiknya gunakan frame kacamata dengan berbentuk persegi maupun persegi panjang. Hindari memilih frame kacamata yang akan membuat dahi terlihat terlalu lebar supaya wajah kamu terlihat proposional.

Wajah Berlian :

Ciri : Memiliki dahi yang sempit, dan garis rahang lebih tajam

Jika kamu memiliki wajah berbentuk berlian, maka sebaiknya kamu memilih frame kacamata dengan bentuk oval atau mata kucing yang biasanya cocok digunakan untuk wanita. Hindari bingkai persegi atau persegi panjang. 

Nah, itulah beberapa tips memilih kacamata minus yang tepat agar tidak mengganggu penampilanmu. Dengan begitu, tak perlu lagi khawatir lagi karena dengan memilih kacamata yang tepat dan sesuai dengan bentuk wajahmu, akan membuatmu menarik bahkan lebih menarik. Semoga artikel ini bermanfaat, share ke teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau..