5 Tips Membeli Laptop Bekas Dan Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

5 Tips Membeli Laptop Bekas Dan Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas Supaya Tidak Menyesal

omiska.com - Apakah aman membeli laptop bekas? ya tentu aman-aman saja jika kamu pintar dalam memastikan laptop itu dlama keadaan baik-baik saja. Ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan oleh calon pembeli ketika ingin memblei laptop bekas, namun banyak yang belum tau atau bahkan lalai, atau tergiur dengan harga yang snagat murah sehingga kurang memperhatikan kondisi laptop yang akan dibeli. 

Apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop bekas? Inilah 5 tips membeli laptop bekas,  dan beberapa hal yang harus diperhtaikan sebelum membeli laptop bekas supaya tidka menyesal.

1. Mengecek Fisik Laptop


Hal utama yang sering diperhatikan oleh calon pembeli adalah body atau casing laptopnya. Ini sanagt umum dan tak salah jika kamu mengutamakan body laptop, dikarenakan di toko-toko online sangat susah untuk mencari body atau casing laptop dalam kondisi mulus atau minim lecet. Kamu dapat memperhatikan diseluruh bagian laptop, pastikan laptop itu tidak banyak lecet, tidak ada casing yang retak, atau bahkan casing yang patah.

Kelecetan yang paling menonjol terlihat adalah dibagian-bagian siku, dan casing depan. Selain itu perhatikan juga engselnya dan pastikan dalam keadaan baik, jika bermaslaah akan terasa ketika laptop dibuka atau ditutup. 

Pastikan juga keyboard laptop dlaam keadaan baik, kamu dapat membuka notepad dan mulai mengetiklah dan mencoba semua tombool di laptop.


2. Mengecek Kondisi Layar

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah layar laptop, pastikan layar laptop yang akan kamu beli itu bebas dari Black Spot (Bintik hitam) dan White Spot (Bintik putih). Selain itu, pastikan juga layar laptop tidak berkedip-kedip ketika kamu membuka laptop dari 0 derajat hingga 90 derajat. Jika laptop bekedip-kedip ketika kamu membuka laptop maka kemungkinan fleksibel layar bermaslah.

3. Mengecek Semua Fungsi Port USB, HDMI, DVD, Audio Jack DLL

Hal ketiga yang yang harus kamu periksa adalah beberapa komponen luar yang biasa kita gunakan sehari hari, seperti USB Port, kamu dapat mencobanya menggunakan flashdisk dan pastika semua Port USB dapat membaca flashdisk dengan baik. Selain itu, coba cek juga DVD nya dan pastikan dalam keadaan baik, dan Port Audio Jack (untuk colokin earphone) juga dipastikan berfungsi secara normal tanpa ada gangguan.

4. Mengecek Baterai Laptop

Hal yang keempat yang harus kamu pastikan adalah baterai laptop nya, karena ini merupakan salahs atu bagian terpenting. Kamu dapat meminta laptop untuk digunakan dlaam 10 hingga 15 menit dan lihatlah presentase batreainya apakah terlihat menurun dengan siginifikan atau telihat normal. 

5. Mengecek Kesehatan Hardisk

Hal kelima yang harus kamu perhatikan adalah kesehatan Hardisk nya. Untuk mengeceknya secara umum, cobalah mengirim file dengan kapasitas besar tidak terlalu besar, jika proses transfer terasa sangat lambat maka hardisk laptop tersebut dalam keadaan kurang sehat atau malah tidak sehat. Selain itu kamu dapat menggunakan software Hardisk Sentinel untuk melihat berapa persen kesehatan hardisk laptop yang akan kamu beli. Kamu dapat mendownload software Hardisk Sentinel di internet pada web yang menyediakan software-software gratis untuk didownload.

Nah, itulah 5 tips membeli laptop bekas dan ebebrapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop bekas supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat ya..


Anda mungkin menyukai postingan ini