Tips Membeli HP iPhone Bekas Supaya Tidak Menyesal dan Tidak Tertipu

Tips Membeli HP iPhone Bekas Supaya Tidak Menyesal

omiska.com - iPhone merupakan smartphone yang banyak diinginkan oleh banyak orang didunia, banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh smartphone besutan dari perusahaan yang bernama Apple ini. Selain itu iPhone juga dianggap hp kelas atas yang terntunya akan memberikan kesan Mevvah dan akan membuat penggunanya lebih kelihatan tajir. Selain itu kamera iPhone juga dapat dikategorikan baik yang dapat memotret gambar dengan resolusi yang tinggi. 

Dibalik itu semua kamu sudah tau dong ya mengenai harganya. Karena harganya mahal, maka dari itu banyak pengguna yang memilih hp pintar Android untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu ada juga dari pengguna memilih membeli iPhone dalam keadaan second alias bekas.Well, ini gak masalah selama kamu dapat memastiin hp iPhone yang akan kamu beli itu dalam keadaan baik-baik saja. 

Nah, pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberikan tips membeli hp iPhone bekas supaya tidak menyesal karena ketipu.


1. Mengecek Harga Pasaran

Yang paling pertama kamu lakukan adalah mengecek harga pasaran iPhone. Kamu dapat mengecek harga iPhone di toko-toko online atau e-commerce atau pada kerabatmu yang mengerti harga iPhone, apalagi kerabat kamu yang kerjanya di konter hp. Perlu diingat, jika kamu ditawarkan iPhone dengan harga paling murah maka sebaiknya hati-hati, bisa jadi ada something-something yang membuat penjual menjual iPhone dengan harga minim, uh ya mungkin kebiasaan dari mereka memberikan alasan BU alias Butuh Uang. Jika iPhone yang ditawarkan lebih mahal sedikit dari pasaran dan hp nya masih oke dan minim baret, icloud aman dan ada kotak apa slaahnya kalo kamu ambil.

2. Hindari Membeli iPhone Via Online (Lebih Baik)

Untuk memebeli iPhone bekas maka saya sarankan sebaiknya beli lah secara langsung atau COD (Cahs On Delivery). Ini bertujuan untuk menghindari maraknya penipuan diinternet dan banyak drama-drama olshop yang sering kita jumpai. Lagian, sudah banyak kasus yang tidak mengenekkan karena barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan deskripsi produk, dan untung-untungan juga jika penjual masih mau peduli dan dapat menerima dengan baik komplainmu. 

So, saya bukan melarang kamu untuk membeli iPhone bekas di toko online atau e-commerce, namun ada baiknya hati-hati. Kamu juga harus bijak dan teliti dalam berbelanja online apapun itu termasuk iPhone, kamu dapat membaca ulasan-ulasan yang diberikan oleh para pembeli yang telah berbelanja di toko online atau e-commerce.

3. Mengecek Kondisi iPhone

Ini merupakan hal paling penting yang kamu lakukan, secara fisik kamu dapat melihat banyak atau tidaknya baret yang ada di hp iPhone yang akan kamu beli, melihat layar dan pastikan layar dalam ekadaan baik-baik saja tanpa adanya keretakan, melihat sudut-sudut iPhone apakah ada yang Crack, memeriksa port Charge, tombol, speaker dan mic. 

4. Memeriksa iCloud iPhone

Bagi kamu yang belum mengeri iPhone mungkin hal ini akan kamu lupakan, biasanya mereka yang akna membeli iPhone seharusnya memeriksa juga juga iCloud nya. Biasanya penjual iPhone akan menghapus iCloud mereka pada perankat sebelum menjualnya, jika masih ada iCloud ornag lain maka kamu harus waspada karena bisa jadi itu iPhone curian.

5. Memeriksa Activation Lock maupun Lost Mode

Activation Lock merupakan fitur untuk mengunci perangkat iPhone ketika iPhone mereka telah dicuri. Selain itu bisa jadi iPhone tersebut dikunci karena ada alasan lainnya. FYI pada OS terbaru fitur ini berubah namanya menjadi Lost Mode. Yang dapat membuka kunci iPhone yang terlock adalah penggunanya sendiri, dan kamu seharusnya tidak membali iPhone dalam keadaan terkunci. Kecuali kamu adalah teknisi yang ngerti masalah-masalah ini, atau punya kerabat yang jago dlama hal ini ya mungkin ada opsi baru buat kamu.

6. Cek Kunci Passcode iPhone

Ini sering terjadi pada mereka yang membeli iPhone bekas secara online, pada saat mereka menerima paket sayangnya iPhone yang mereka terima itu terlock dengan Passcode. Untung-untung jika penjual online itu mengetahui Passcode nya, jika penjual tidak mengetahui Psscode maka bisa jadi kemungkinan iPhone yang mereka jual adalah hasil curian, karena jika penjual lupa seharusnya mereka mencantumkannya di deskripsi. 

7. Mencoba Kartu SIM dan Mencoba Untuk Menelpon dan Mengirim SMS

Walaupun merupakan ponsel pintar, namun kamu juga jangan melupakan bahwa iPhone juga merupakan perangkat seuler yang sehausnya pada umumnya bisa telepon maupun mengirim SMS. Cobalah memasukan kartu SIM kamu kedalam perangkat, dan cobalah untuk mengirim pesan singkat dan mencoba menelpon, dan pastikan SIM yang kamu insert tadi terbaca dan telepn maupun SMS lancar. Ini bertujuan untuk menghindari iPhone yang kamu terima adalah iPhone luar negeri yang SIM nya tidak kompitable dengan kartu SIM indonesia.

8. Mengecek Kesehatan Baterai iPhone

Kamu dapat menggunakan iPhone selama 10 hingga 15 menitan dengan membuka aplikasi ringan atau browsing (tidak main game), perhatikanlah presentase baterainya, jika selama 10 hingga 15 menit presentasi baterai menurun dengan signifikan maka baterai iPhone yang akan kamu beli itu dalam keadaan tidak sehat.

Itulah beebrapa tips membeli Hp iPhone bekas supaya tidak menyesal setelah membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang akan membeli iPhone bekas dan jangan lupa share artikel ini jika menurutmu menarik. Terimakasih..