Keunggulan Intel Dan AMD Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Prosessor

Keunggulan Intel Dan AMD Yang Harus Kamu Ketahui

omiska.com - Lebih baik Intel atau AMD? Ini merupakan pertanyaan umum yang sering kita dengar pada mereka yang akan merkait PC atau membeli laptop baru. Secara Prosessor merupakan komponen yang inti dan dapat mempengaruhi kinerja PC maupun laptop, untuk itu user tidak boleh salah pilih dan melakukan pertimbangan dan bijak serta tak lupa juga mengkondisikan pemilihan Prosessor dengan budget didompet.

Pada kesempatan kali ini, omiska.com akan memberikan ulasan dan penjelasan yang mungkin cukup lengkap yang akan membuatmu tau prosessor mana yang sangat cocok untuk kamu pilih nantinya untuk merakit PC.


1. Overheating Antara Intel dan AMD

Prosessor Intel memiliki rating TDP (Thermal Design Point) yang lebih rendah dibandingkan dengan rivalnya AMD. Ini artinya Prosessor Intel tidak cepat panas dibandingkan AMD, suhu Prosessor biasnya jarang diperhatikan user karena mereka berfikir performa PC atau Laptop tidak menurun secara signifikan, padahal ini juga perlu diperhatikan loh !

Kenapa Prosessor AMD lebih cepat panas dari Prosessor Intel? Ini dikarenakan AMD memiliki jumlah Core lebih banyak dibanding rivalnya Intel. Memiliki Core lebih banyak memang akan membuat performa lebih baik, namun konsekuensinya adalah Prosessor akan lebih cepat panas tentu akan lebih boros daya.

2. Kualitas Grafis Intel dan AMD (Grafis Onboard)

Mungkin kamu sudah tau dong kualitas grafis AMD lebih unggul daripada Intel? FYI Prosesor AMD yang menggunakan pembaca grafis Radeon sanggup mengalahkan Prosessor Intel yang menggunakan pembaca grafis Intel Iris. Jadi gak heran, bagi user yang menggunakan PC atau Laptop yang diperuntukan untuk bermain Game maka cenderung lebih memilih AMD daripada Intel.


3. Kemampuan Multimedia Intel dan AMD

Intel memiliki kelemahan pada grafis, namun memiliki kelebihan pada segi mutimedianya. Kualitas layar antara PC atau Laptop yang menggunakan Prosessor Intel dan AMD akan terlihat berbeda, jika kamu perhatikan dengan teliti maka kamu akan lebih tertarik pada PC atau Laptop yang menggunakan Prosessor Intel. 

Mengapa? karena kualitas gambar Intel lebih tajam dibandingkan dengan AMD. Bagi kamu yang sering dihadapkan dengan pekerjaan untuk rendering baik itu video, project animasi seperti software Blender atau lain semacamnya, maka Prosessor yang cocok kamu gunakan adalah Intel. Jika AMD diperuntukan untuk Game maka Intel lebih cocok digunakan untuk para pekerja desain grafis dan rendering, setiap hal memiliki kelebihan masing-masing bukan?

4. Pendeteksi Virus

AMD memiliki fitur unik yang tidak dimiliki oleh rivalnya, yaitu pendeketsi Virus yang bernama Enchanced Virus Protection (EVP). Fitur ini akan berfungsi pada saat PC atau Laptop akan menggunakan sebuah program yang akan dijalankan, jika terdeteksi adanya virus maka PC atau Laptop yang menggunakan Prosessor AMD tidak akan memprosesnya. Canggih kan? 

Lalu bagaimanA dengan Intel? 

Intel memiliki cara berbeda untuk menangani Virus, Intel memiliki fitur yang bernama Acccelerated Memory Scanning (AMS). Untuk mengurangi beban CPU intel mengembangkan teknologi ini untuk mengalihkan pemerosesan pemindai Virus ke GPU yang juga digunakan oleh Prosessor modern lainnya Intel seri Core. Dengan menggunakan teknologi ini, intel yakin angka CPU utilization akan menurun secara signifikan ketika proses pemindaian itu dilakukan. Dengan begitu, konsumsi daya sistem pun ikut berkurang sehingga dapat menghemat daya.  Acccelerated Memory Scanning (AMS) hanya tersedia pada Prosessor Intel seri Core dari generasi ke 6 dan seterusnya (lebih baru).


5. Pandangan Brand Antara Intel dan AMD

Kalau diomongi masalah brand, AMD masih terlalu jauh dikenal masyarakat daripada Intel. Saat ini pngguna Intel memang lebih banyak daripada AMD. Mungkin ini dikarenakan Intel lebih awal diproduksi daripada AMD, karena ini lah pamor Intel lebih tinggi dari AMD. 

Walaupun begitu, sebenarnya kedua produsen ini sama-sama melakukan dan menciptakan Prosessor terbaik untuk para penggunanya, kedua Prosessor memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. 

6. Harga Antara Prosessor Intel dan AMD

Kamu pasti sudah tau apa yang ingin saya sampaikan di point ke 6 ini. Yap ! Prosessor Intel lebih mahal daripada AMD. Bahkan pada kelas yang setara diantara Intel dan AMD harga Intel memang terlampai lebih mahal dari AMD, kamu boleh cek dipasaran dan di toko-toko online. Bagi kamu yang ingin build PC atau membeli laptop untuk bermain game, lebih cocok menggunakan Prosessor AMD yang memiliki harga lebih mudah dan sangat cocok digunakan untuk bermain game.

Nah, itulah keunggulan Intel dan AMD yang seharusnya kamu ketahui sebelum merakit PC atau membeli Laptop. Semoga artikel ini membantu teman-teman yang bingung untuk memilih Prosessor sesuai kebutuhan.