Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta Untuk Creator Yang Mengambil Video Kita Di Youtube

Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta Di Youtube

omiska.com - Sering kita dengar banyak kasus plagiarism yang pelakunya adalah Content Creator, maka tak sedikit juga sering terdengar sebuah channel youtube yang dibanned karena pelanggaran hak cipta. Mengambil video orang lain sebenarnya tidak dilarang jika tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh youtube, karena youtube juga sudah menjelaskan kebijakan yang ebrnama  Fair Use . Namun sayangnya, banyak Content Creator yang tidak mengetahui atau bahkan mungkin khilaf hingga mereka melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh youtube.

Lalu, bagaimana jika video kita diambil oleh orang lain? Kabar baiknya, youtube telah menyediakan sebuah fitur canggih yang akan memberitahumu jika ada orang lain yang mengambil videomu . Ini merupakan cara yang efektif dan bijak untuk menegur pelaku yang mencuri video orang lain atau plagiat supaya mereka dapat meghapus video yang dicuri, atau bahkan dapat bernegosiasi kepada pemilik video asli melalui email. 

Kamu dapat membuka Dashboard youtube kamu, lalu scroll menu disebelah kiri dan buka fitur Hak Cipta.

Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta Di Youtube


Sebagai contoh pada kasus di channel saya, saya mendapat laporan bahwa ada 1 channel yang mengambil video saya dengan kecocokan 100%, dengan begitu saya akan mengirim email klaim hak cipta kepada pelaku yang mencuri video saya. Padahal, pelaku sudah mengedit video saya seperti menghilangkan suara narator, me-replace watermark milikinya, menutupi watermark video saya, dan menambahkan musik baru. 

Caranya adalah, arahkan kursor dibawah tanda panah atau kotak merah seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta Di Youtube
Maka kamu akan melihat 3 opsi, untuk mengirim email kamu dapat mengklik logo surat / atau Hubungi Channel seperti dibawah ini

Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta
Lalu tampilan akan seperti dibawah ini, kamu cukup menuliskan email kamu di kolom Alamat email anda lalu klik Kirim.

Cara Mengirimkan Email Teguran Hak Cipta Di Youtube

Nah, dengan begitu youtube akan membantumu memberikan teguran kepada pelaku pencuri video kamu melalui email yang dikirim langsung oleh pihak youtube. Dengan begitu, pelaku akan belajar dari kesalahannya dan lebih berhati-hati dalam membuat konten dan berusaha lebih kreatif lagi. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel