Cara Menghindari Atau Mencegah Diabetes Dengan Tips Yang Sedehana


Cara Menghindari Atau Mencegah Diabetes Dengan Tips Yang Sedehana

omiska.com - Cara Menghindari Atau Mencegah Diabetes Dengan Tips Yang Sedehana - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak dialami oleh manusia diseluruh dunia. Lebih bahayanya lagi, penyakit diabetes dapat mengakibatkan komplikasi penyakit serius seperti gagal ginjal, kebutaan, hingga mengharuskan penderitanya untuk amputasi. Nah, untuk mencegah atau menghindari penyakit ini, ada baiknya ikuti tips-tips menghindari atau mencegah diabetes dengan cara yang sederhana.

1. Mengurangi Mengkonsumsi Minuman/Makanan Manis 

Mengkonsumsi minuman atau makanan manis secara berlebihan akan meningkatkan resiko terserangnya Diabetes. Untuk itu jika anda ingin menghindari penyakit Diabetes, sebaiknya kurangi makanan atau minuman yang manis, seperti teh manis, sirup, jus buah dalam kemasan, kopi sachet. Anda bisa mengkonsumsi kopi dan teh dengan mengurangi gulanya.

Jika mengkonsumsi minuman maupun makanan dengan kadar gula yang tinggi, maka ini akan menyebabkan kenaikan gula darah dan membuat perut tidak merasa kenyang. Itulah penyebabnya mengapa seseorang yang mengonsumsi minuman gula atau kopi sebelum makan merek lebih cenderung makan lebih banyak, dengan begitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi akan meningkatkan asupan kalori yang tidak dibutuhkan.

2. Olahraga Rutin

Berolahraga dipercaya mampu mengontrol gula darah dan tekanan darah dalam tubuh, ini merupakan manfaat lain selain menjaga berat badan. Anda dapat melakukan beberapa olahraga santai, seeprti senam, bersepeda hingga joging yang akan membantu menurunkan kolestrol jahat pada tubuh manusia.

3. Behenti Merokok

Menurut beberapa studi, merokok dapat membuat tubuh menjadi kebal terhadap insulin. Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas, ini berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Apabila pankreas tidak menghasilkan hormon tersebut dengan kapasitas yang sesuai atau sel-sel anda kebal terhadap hormon, maka ini akan membuat kadar gula meningkat tinggi atau sebaliknya pada tingkat yang paling rendah.

4. Memperbanyak Minum Air Putih (Mineral)

Cara yang paling mudah untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan memperbanyak minum air mineral. Dengan memperbanyak minum air mineral ini akan membantu tubuh mengendalikan asupan kalori, dna ini akan mencegah meningkatkan berat badan secara drastis. Bahkan menurut penelitian dari Havard School of Public Health, mengganti minuman manis dengan air putih dapat pula membantu masyarakat mencegah gangguan metablolisme.

5. Mengendalikan Stres

Point ini mungkin akan terasa sulit bagi sebagian orang, nyatanya jika anda dapat mengendalikan stres dengan baik ini akan mencegah anda dengan pnyakit kronis diabetes. FYI Stres dapat memicu pelepasan beberapa hormon yang tentu dapat meniungkatkan gula darah. Untuk mengatasi stres, anda dapat mengajak orang terdekat anda berlibur, dan melakukan aktivitas sederhana yang dipercaya dapat mereduksi stres. Misalnya berendam dengan air hangat, melakukan senam aerobik atau yoga dan beberapa aktivitas yang dapat meredakan stres.


Nah, itulah 5 cara sedehana menghindari atau mencegah diabetes. Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa share ke teman anda jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih..




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel