Arti Water Resistant, ATM dan BAR Pada Jam Tangan Yang Harus Diketahui

Arti Water Resistant, ATM dan BAR Pada Jam Tangan Yang Harus Dikeathui

omiska.com - Mungkin kamu sering melihat tulisan "Water Resistant" pada jam tangan bukan?  WR atau Water Resistant yang sering tertulis pada jam tangan berarti jam tangan tersebut tahan air, tak hanya di depan tulisan Water Resistant ini juga dapat ditemukan pada bagian belakang jam tangan. 

Nah, sekarang kamu sudah mengathui apa arti Water Resistant yang sering kita lihat di setiap jam tangan, lalu apa arti dari ATM dan BAR pada jam tangan? 

FYI, ATM merupakan kepanjangan dari Atmosphere Prasure, yang memiliki tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam. Mungkin kamu sering melihat tulsan 1 ATM, 3 ATM hingga sterusnya, semakin besar angkanya maka semakin tahan jam tersebut dengan tekananan udara yang ditimbulkan oleh air. 

BAR juga memiliki kesamaan dari ATM yang menjadi penentu tingkat ketaahanan sebuah jam tangan. FYI 1 ATM = 1,01325 BAR atau setara dengan 10 Meter, untuk sejauh ini ada beberapa kelas ketahanan air atau water Resistant pada jam tangan, yakni  :

3 ATM = 30 Meter / 3 BAR
5 ATM = 50 Meter / 5 BAR
10 ATM = 100 Meter / 10 BAR
20 ATM = 200 Meter / 20 BAR
100 ATM = 1000 Meter / 100 BAR

3 ATM / 30 Meter / 3 BAR

Jam tangan di rating ini biasanya hanya dapat menahan percikan air saja, seperti hijan, wudhu, dan tidak cocok jika digunakan untuk berenang.

5 ATM / 50 Meter / 5 BAR

Jam tangan di rating ini, berati jam  tersebut mampu digunakan pada saat berenang dikolam perairan dangkal. Namun tidak dianjurkan untuk berlama-lama didalam air seperti Snokeling.

10 ATM / 100 Meter / 10 BAR

Jam dikelas ini sudah mampu digunakan untuk berenang lebih dalam lagi, karena jam ini sudah mampu menahan air bertekanan tinggi seperti berenang lebih dalam atau senorkling.

20 ATM / 200 Meter / 20 BAR

Jam dikelas ini dpaat diguanakan berenang dan menyelam lebih dalam lagi atau diving.

100 ATM / 1000 Meter / 100 BAR

Ini merupakan kelas paling tinggi terhadap tekanan, selain dapat digunakan menyelam lebih dalam lagi hingga 100 meter, cocok digunakan oleh profesional yang sering melakukan scuba diving.

Perlu diperhatikan, sebelum jam dibawa kedalam air, pastikan tuas dalam keadaan semula (tidak ditarik). Saat berada didalam air sebaiknya tidak mengoprasikan jam seperti memutar atau semacamnya, karena hal tersebut akan membuat celah dan memudahkan air masuk kedalam mesin jam tangan yang memungkinkan jam tangan rentan rusak.