Apa Yang Dipersiapkan Sebelum Menikah ? Yuk Simak Biar Tau !!

Apa Yang Dipersiapkan Sebelum Menikah ? Yuk Simak Biar Tau !!

Apa Yang Dipersiapkan Sebelum Menikah ? Yuk Simak Biar Tau !!

omiska.com - Menikah adalah sebuah moment yang sakral untuk mengikat janji diantara 2 insan yang akan memulai hidup baru bersama, membentuk keluarga baru, dan menggabungkan keluarga antara mempelai pria maupun wanita. Sbelum hari H pastinya ke.dua mempelai merasakan gregetan yang gak karuan, dikarenakan ini merupakan sebuah moment sakral yang akan terjadi seumur hidup. Dibalik cerita itu semua, seharusnya kedua mempelai harus mempersiapkan diri mereka sebelum menuju hari H supaya pernikahan mereka selalu bahagia dan dapat bersikap lebih dewasa untuk menjalani kehidupan yang baru. Apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum menikah? yuk disimak terus artikel ini ya guys !

1. Memastikan Keyakinanmu Untuk Menikah


Sebelum menikah yang harus dipersiapkan adalah dirimu sendiri, atas keyakinanmu kepada pasanganmu dan siap untuk hidup  berdua suka maupun duka. Sekarang kamu telah cukup dewasa dan dengan umurmu yang sekarang kamu sudah dapat bertindak dan memutuskan, apalagi pernikahan.

Sebelum menikah pastikan dulu pasanganmu bagaimana karakternya? apakah cocok denganmu? apakah ia sanggup menerima kekuranganmu? dan apakah kamu dapat menerima kekruangannya? Tentu beberapa hal tersebut membutuhkan pertimbangan yang ekstra.

2. Mengajak Pasanganmu Membayangkan Ketika Kamu Dan Dia Telah Menikah

Dalam hal ini dan pasanganmu harus merencanakan bagaimana kehidupan rumah tangga kalian berdua kedepannya. Apakah kalian harus menghabiskan waktu seharian berdua? tentu tidak ! walaupun menikah kalian pastinya tetap memiliki kegiatan masing-masing yang tentu tidak dilakukan atau dilakukan berdua dengan pasanganmu. 

Jika kamu dan pasanganmu bekerja pada perusahaan masing-masing, coba ajak pasanganmu untuk berdiskusi kapan waktru yang tepat untuk mengurus pekerjaan rumah? dan apabila sudah dikaruniai anak apakah diantara kamu harus resign dari pekerjaan? ini juga membutuhkan pertimbangan yang tepat loh guys !

3. Bersiap Menerima Keluarga Pasangan 

Setelah menikah kamu bukan hanya mencintai pasanganmu sana, tapi juga mencintai keluarganya. Setelah menikah, keluarga pasanganmu sudah menjadi keluargamu juga seutuhnya jadi untuk hal ini jangan pilih kasih yaa ! 

Kamu juga harus beradaptasi dengan keluarga pasanganmu, bagaimana kehidupan mereka dan tetaplah menjaga sikap. Bagaimanapun keluarga pasanganmu, mereka juga akan menjadi bagian keluargamu juga nantinya.

4. Mempersiapkan Diri Untuk Saling Bebagi Dalam Berbagai Hal

Jika kamu memang seutuhnya mencintai pasanganmu, maka tak perlu lagi untuk cemas dan takut untuk berbagi. Menikah bukan hanya sebatas 2 insan yang hidup didalam 1 rumah, namun setelah menikah kamu dan pasanganmu juga seharusnya susah senang selalu berdua. Hargai keputusan pasanganmu, dan jika keputusan yang akan diambil itu akan bermudarat kepada pasanganmu atau bahkan keluargamu maka kamu juga dapat mengajaknya untuk berfikir lebih matang. Jika ada hal buruk yang terjadi pada keluarga kecilmu maka seharusnya hal itu harus dihadapi berdua, bukan sendirian, begitupun dengan kebahagiaan. 

5. Mengatur Keuangan Keluarga

Setelah menikah mungkin kebutuhanmu akan semakin banyak, ditambah lagi jika sudah memiliki momongan. Untuk itu sebelum menikah sebaiknya ajaklah pasanganmu untuk berdiskusi masalah keuangan keluarga kecilmu nantinya. Mungkin merencanakan membuka usaha dari hasil tabungan uang selama bekerja diperusahaan, atau bahkan membagikan sebagian uang untuk mememenuhi kebutuhan lainnya seperti membeli motor baru, mobil baru, atau bahkan cicilan rumah dan lain sebagainya.


6. Coba Bayangkan Pasanganmu Beberapa Tahun Kedepan

Disaat menikak kamu menikahi orang yang masih muda dan memiliki wajah tampan/cantik, kamu menikah dengan orang yang memiliki harta yang melimpah, kamu meikah dengan seseorang yang memiliki jabatan yang tinggi di suatu perusahaan ternama. Nammun, bukankah itu semua akan berubah? Siapkah kamu menghadapi semua perubahan seiring berjalannya waktu?

7. Merencanakan Untuk Memiliki Anak

Siapasih yang tidak ingin memiliki buah hati dari hasil pernikahan dengan orang yang dicintai? pastinya semua orang akan mendambakan hal ini. Untuk ini ajaklah pasanganmu untuk berdiskusi dan berencana kapan harus memiliki anak? 1 tahun setelah nikah? 2 tahun? atau 5 tahun kedepan kah? dan rencanakan juga berapa orang anak yang kalian inginkan nantinya? Ini semua berkitan dengan ekonomi keluarga, hari cuti, asuransi dan pendidikan.

8. Perhatikan Masalah Kesehatan

Sebelum menikah sebaiknya berbicaralah jujur kepada pasanganmu jika kamu memiliki penyakit tertentu, dan juga ajak pasanganmu untuk jujur kepadamu mengenai kesehatanya. Ini berkaitan dengan hubungan kalian berdua jika sudah 1 atap, siapkah kalian untuk mengerti dan memperhatikan satu sama lain? 

9. Merencanakan Memiliki Kendaraan

Semua orang membutuhkan alat transportasi, namun banyak diantaranya ingin memiliki kendaraan pribadi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Sebelum menikah, sebaiknya bicaraka juga kapan kalian ingin memiliki mobil? apakah ketika telah memiliki anak? atau sebelumnya? atau apakah kalian hanya butuh sepeda motor saja karena jarak ke kantor dan pasar tidak etrlalu jauh? mungkin hal ini juga dapat dijadikan pertimbangan.


Nah, itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Sebelum menikah sebaiknya kenali dulu karakter pasanganmu, bagaimana keuangannya, bagaimana latar belakang keluarganya, bagaimana agamanya, jika menurutmu sudah cocok maka sebaiknya segeralah menikah. Semoga kamu dan pasanganmu bahagia terus yaa !

Anda mungkin menyukai postingan ini