5 Tips Memilih Laptop Untuk Bisnis Online Yang Wajib Diketahui

5 Tips Memilih Laptop Untuk Bisnis Online Yang Wajib Diketahui

omiska.com - Seperti diketahui, bisnis online saat ini semakin hari semakin banyak yang diminati oleh masyarakat, karena tanpa ijazah, tanpa mengharuskan mereka setiap hari ke kantor, waktu yang fleksibel, dan penghasilan yang tidak terbatas menjadi alasan kuat mengapa banyak pengusaha muda yang memualai usaha bisnis online.

Seperti namanya, bisnis online mengharuskan penggunanya berkerja melalui internet, tentu pelaku bisnis online membutuhkan perangkat seperti hp pintar maupun laptop yang akan membantu pekerjaan. Sebagian orang akan nyaman jika bekerja menggunakan hp pintar (Smartphone) karena lebih praktis dibawah kemana aja, namun ada juga dari mereka yang membutuhkan laptop sebagai perangkat bisnis mereka dengan alasan tertentu. Nah, dari itu kali ini omiska.com akan memberikan tips memilih laptop untuk bisnis online yang cocok untuk anda beli.

1. Menentukan Merk Laptop

Banyak produsen laptop yang menjual produk-produknya di Indonesia, diantaranya adalah : Acer, Asus, Lenovo, Dell, Hp dan lain sebagainya. Sebenarnya semua merk bagus, anda dapat bebas memilih merk laptop mana yang anda sukai.

2. Membeli Laptop Dengan Spesifikasi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Sebelun membeli laptop, sebaiknya anda berpikir kembali software apa saja yang anda perlukan untuk bisnis anda. Misalnya, anda memiliki bisnis dibidang desain maka anda membutuhkan laptop dengan prosessor minimal Core i5 atau Ryzen 5 dan kartu grafis minimal 4GB dan RAM 8GB. Tentu dengan spesifikasi tersebut performa laptop anda akan tetap stabil walau menggunakan software-software berat. Sayangnya semakin tinggi spesifikasinya tentu akan semakin mahal pula harganya.

Jika anda haya menggunakan laptop untuk mengupload produk dan melakukan pekerjaan ringan, maka anda cukup membeli laptop dengan spesifikasi menengah yang biasa digunakan untuk kantoran, mungkin Intel Celeron atau Pentium dan RAM minimal 4GB.

3. Kapasitas Baterai

Pemilihan baterai juga harus diperhatikan sebelum membeli laptop untuk bisnis online anda. Jika kapasitas baterai rendah tidak tahan lama maka ini akan mempengaruhi mood anda karena anda akan bolak balik mengisi baterai laptop anda. Normalnya rata-rata ketahanan daya baterai laptop baru zaman sekarang adalah 4 jam, jika anda menemukan laptop dengan daya baterai yang sanggup bertahan lebih dari 4 jam itu lebih bagus. Jika anda membeli laptop seken, pastikan daya baterai masih tahan lama. 

4. Media Penyimpanan

Bisnis onlie tidak akan lepas dari media, ini akan mengharuskan anda menyimpan beberapa file media seperti video demo produk, foto atau poster produk dan lain sebagainya. Sebenarnya point ini tidak perlu terlalu diperhatikan jika anda akan membeli laptop baru, karena produsen laptop sekarang sudah menyediakan ruang penyimpanan minimal 500 GB HDD, tentu ini akan cukup untuk bisnis online anda.

5. Memilih Operasi Sistem

Seringin berjalanannya waktu teknologi smekain berkembang dan selalu update, tak terkecuali operasi sitem laptop. Jika anda membeli laptop pastikan anda membeli laptop dengan oeprasi sistem terbaru. Jika anda membeli laptop baru maka ini tak perlu dikhawatirkan, karena operasi sistem Windows 10 sudah menjadi standar laptop-laptop baru. 

Jika anda membeli laptop seken/bekas belum tentu operasi sistem yang digunakan pengguna sebelumnya adalah oeprasi sistem terbaru, sebenarnya ini tidak masalah karena anda dapat menginstal operasi sitem terbaru di toko-toko laptop terdekat. Anda wajib menggunakan operasi sitem terbaru karena banyak update-an yang sangat berguna bagi penggunanya, termasuk tingkat keamanan  dari Malware.

Nah, itulah 5 tips membeli laptop untuk bisnis online yang mesti anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses terus bisnis yang anda jalani sekarang!