Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Rambut rontok


omiska.com - Rambut disebut-sebut sebagai mahkota kepala manusia, maka dari itu banyak orang-orang mendambakan rambut sehat dan kuat. Namun, tak jarang juga kita melihat orang yang memiliki masalah pada rambut seperti rambut rontok parah hingga terlihat jelas kulit kepala. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah kerontokan yang dialami adalah hal yang biasa? atau parahkah? atau bahkan rambut rontok karena memiliki penyakit tertentu? 

FYI Kecepatan pertumbuhan rambut normal adalah sekitar 1 cm/bulan, dan orang dewasa rata-ratanya memilliki 100.000 hingga 150.00 helai rambut, dan kurang lebih 50-100 helai/harinya dan ini masih tergolong normal dan kamu tak perlu khawatir. Rambut rontok tak hanya dapat kamu temukan ketika kamu bangun dari tidur yang langsung terlihat diatas bantal, namun rambut rontok dapat terjadi dimana saja.

Penyebab rambut rontok dapat dipengaruhi dari beberapa faktor, anatara lain adalah :

  1. Stress
  2. Penurunan berat badan secara drastis
  3. Operasi
  4. Demam tinggi
  5. Berhenti menggunakan pil KB
  6. Proses pemulihan dari sakit
  7. Karena menggunakan obat tertentu
  8. Pola makan yang tidak sehat
Gjeala rambut rontok dapat diawali pada saat terjadinya penipisan rambut yang dapat secara tiba-tiba maupun secara bertahap. Kerontokan rambut ini tak hanya terjadi di rambut pada kulit kepala namun juga dpaat terjadi pada rambut kulit lainnya. 

Selain itu, rambut rontok juga dapat terjadi karena kebiasaan sepele yang tak kamu sadari, kebiasaan sepele yang akan membuat rambut rontok antara lain adalah :

  1. Salah memilih shampo
  2. Melewatkan makanan / sering telat makan / membiarkan rasa lapar berlarut-larut
  3. Sering mandi air hangat
  4. Mengikat rambut terlalu kencang
  5. menggunakan pengering rambut (Hair dryer)
  6. Sering menyisir rambut pada saat rambut dalam kondisi basah
Nah, itulah penyebab rambut rontok yang harus kamu ketahui, rambut manusia normal akan rontok 50-100 helai perharinya yang tidak kamu sadari. Jika kamu mengalami rontok berlebihan dan melebihi 100 helai perharinya maka sebaiknya temuilah dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.