Lakukan 7 Tips Ini Sebelum Memulai Membuka Usaha

Lakukan Tips Ini Sebelum Memulai membuka Usaha

omiska.com - Tips sebelum memulai membuka usaha --Mungkin anda sudah tau menjalankan usaha atau bisnis memiliki resiko yang terbilang besar, apalagi jika sebelumnya anda merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan dan ingin berhenti untuk memulai membuka usaha. Mungkin anda juga sering mendengar kegagalan-kegagalan seorang pengusaha pada saat mereka merintis, jika anda sudah paham maka kegagalan bukanlah hal yang perlu anda takuti. Untuk memulai membuka usaha  ada hal-hal yang perlu diperhatikan yang mungkin belum terpikirkan oleh anda, nah bagi anda yang ingin memulai membuka usaha, ada baiknya mengikuti tips sebelum memulai membuka usaha berikut ini

1. Memilih Jenis Usaha Yang Tepat

Sebelum memulai tentunya anda harus menentukan jenis usaha apa yang akan anda tekuni nantinya, carilah jenis usaha yang prospeknya bagus dan tentunya dapat anda kuasai. Anda dapat menjalankan usaha menjual barang atau jasa baik itu secara Offline maupun Online, ini tiada batasannya. Namun seiring berkembangnya teknologi banyak orang yang mengandalkan teknologi zaman sekarang yaitu internet untuk mengembangkan usaha atau bisnis mereka.

2. Menentukan Produk Yang Anda Jual

Tentukan produk yang akan anda jual, usahakan jangan menduplikasi produk orang lain namun anda dpaat memodifikasinya. Ciptakan juga kemasan yang menarik supaya konsumen tertarik untuk mencoba produk yang anda jual nantinya. 

3. Mengenali Pasar

Sebelum memulai membuka usaha, sebaiknya anda menganalisa pasar terlebih dahulu supaya langkah anda membuka suaha semakin lancar. Anda dapat melakukan analisa pasar melalui masyarakat, tanyalah kepada masyarakat tentang produk yang ingin anda pasarkan, dan sebisa mungkin membaca strategi kompetitor dalam menguasai pasar, setelahnya anda dapat mengikuti cara yang sama namun berikan beberapa inoovasi yang lebih baik pada produk anda.

4. Membuat Nama Usaha (Brand)

Nama usaha ini sangatlah penting, karena ini akan memudahkan pada sata kegiatan peromosi produk. Carilah nama brand yang mudah diingat, sederhana, dan tentukan brand dengan kreatifitas anda dna usahakan semenarik mungkin.

5. Merencanakan Sumber Dana

Darimana sumber dana untuk memulai usaha anda? uang pribadi dari hasil menabung? atau anda memiliki kendalan yang bersedia menjadi investor untu usaha anda? atau bahkan anda ingin meminjam dana dari bank? Darimanapun seumbernya, pastikan dana itu dapat mencukupi untuk membangun usaha anda.

6. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha ini juga harus ditentukan dengan tepat, anda dapat mencari tempat dikeramaian orang seperti pasar atau di perkotaan. Anda dapat menyewa kantor atau jika memiliki dana yang banyak anda dapat membangun kantor sendiri, usahakan carilah tempat yang strategis karena ini akan menunjang lancarnya usaha anda.

7. Merekrut Pekerja

Jika anda memulai usaha dalam skala besar yang mengharuskan adanya beberapa karyawan atau lebih banyak karyawan, hal ini harus anda pikirkan sebelum mulai usaha. Tentukan Job Desk dan Kriteria yang sesuai dan anda dapat menyebarkan lowongan ini di surat kabar maupun di sosial media.

Nah, itulah 7 tips sebelum membuka usaha yang harus diperhatikan. Apapun suahanya semoga anda sukses yaa !!