Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

cara membuat surat lamaran kerja yang benar

omiska.com - Jika kamu ingin melamar pada suatu pekerjaan, pastinya kamu tidak akan lepas dengan yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan. Surat lamar pekerjaan ini merupakan berkas paling inti yang akan menentukan apakah kamu bisa diterima disuatu pekerjaan yang kamu lamar atau tidak. Kamu harud dapat mempromosikan diri kamu dan meyakinkan perusahaan bahwa kamu mampu, dan perlu digarisbawahi kamu tidak boleh mengada-ngada mengenai kemampuanmu. 

Dalam point ini, kamu harus membuat surat lamaran sebaik mungkin agar perusahaan tertarik denganmu melalui surat lamaran yang mereka baca. Nah, bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan disuatu perusahaan, yuk ikuti cara membuat surat lamaran kerja dengan benar.


  • Jika kamu menerima informasi baik itu dari media cetak atau media online, sebaiknya baca dnegan teliti terlebih dahulu. Hal ini perlu diperhatikan agar kamu membuat surat lamaran kerja tidak diluar konteks.

  •  Tulislah surat lamaran kerja dengan bahasa baku sesuai kamus bahasa indonesia

  • Surat lamaran kerja menggunakan kata-kata yang sopan, mudah dipahami dan singkat

  •  Perhatikan dengan baik nama gelar HRD dan nama perusahaan supaya tidak keliru

  • Hindari menggunakan Tip-Ex (Penghapus) pada surat lamaran kerja, jika ada yang slaah langusng segera di perbaiki

Cara menulis surat lamaran pekerjaan sebagai berikut

Format surat lamaran kerja yang benar adalah : 

Tempat & tanggal penulisan
  1. Kepada Yth. (Tulis nama dan gelar kepada orang yang memiliki jabatan yang menerima surat kamu serta alamat lengkap perusahaan yang benar).
  2. Salam hormat
  3. Kata pengantar (Sebaiknya cantumkan juga dari mana kamu mendapat lowongan pekerjaa, dan buat posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar)
  4. Biodata pribadi
  5. Pengalaman pekerjaan (Jika kamu baru menyelesaikan kuliah kamu (Fresh Graduate) kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman pekerjaan)
  6. Menambahkan lampiran (Supaya perusahaan semakin tertarik kepadamu, sebaiknya didalam map kamu juga menyiapkan lampiran-lampiran yang akan menambah daya jual kamu, seperti pas foto, fotocopy KTP, daftar riwayat hidup, fotocopy sertifikat uji kompetensi dan forocopy ijazah terakhir.
  7. Penutup (Tulislah kata-kata yang memberikan kesan bahwa kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan dan siap bekerja keras pada perusahan tersebut)
Nah, itulah cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Jika artikel ini bermanfaat share ke teman-tema kamu supaya mereka juga tau yaa !