Cara Jitu Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja Baru


Cara Jitu Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja Baru

omiska.com - Semua orang pasti akan terasa kurang nyaman pada saat berada di lingkungan yang baru atau asing, apalagi dilingkungan kerja yang baru. Kamu akan berhadapan dengan karyawan baru dan atasan yang baru, kamu juga susah menilai karakter mereka, apakah seseorang itu dapat menjadi partner yang asyik seperti becanda atau semacamnya atau malahan seseorang itu sangat serius dan tak bisa diajak becanda. Dengan begitu, kamu pastinya akan was-was ketika berhadapan dengan orang baru dan menjaga sikap supaya kamu tak menyakiti hati mereka. 

Jika kamu ingin beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja yang baru, saya memiliki beberapa tips yang mungkin membantu kamu untuk beradaptasi.


1. Selalu bersikap ramah pada semua orang di kantor tanpa terkecuali

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berusahalah bersikap ramah pada semua orang yang berada dikantor, ini bertujuan untuk membangun hubungan baik dan mereka juga menyukai atas keberadaanmu di perusahaan itu. 

2. Memiliki inisiatif yang baik

Setiap orang pastinya mendambakan sebuah pekerjaan yang nyaman, untuk apa gaji besar tapi ketika masuk kedalam perusahaan bikin Mood gak baik. Dengan begitu, mulailah dari dirimu sendiri untuk memiliki inisiatif yang baik kepada sesama karyawan dan atasan kamu. 

3. Saling bantu membantu

Selain ingin menjadi parten kerja di sebuah perusahaan pastinya kamu ingin memiliki kerabat dekat bukan? dengan begitu usahakanlah tidak berat tangan untuk membantu karyawan-karyawan lainnya untuk meringankan pekerjaan mereka. Ingat, kamu membantu pekerjaan yang tidak memberatkanmu juga, karena setiap karyawan pastinya memiliki pekerjaan masing-masing. Namun ada baiknya kamu membantu mereka pada saat kamu telah menyelesaikan pekerjaanmu. Kamu dapat memulainya dengan sedikit basa-basi misalnya mengatakan "boleh saya bantu pak?"

4. Ikut bergabung dengan karyawan lainnya

Pada saat Coffe Break atau jam makan siang pastinya setiap karyawan akan berkumpul di cafe terdekat atau di kantin yang telah disediakan oleh perusahaan. Dengan begitu, ikutlah bergabung dengan mereka dan mulailah obrolan-obrolan santai seperti kamu mengobrol dengan teman lainnya, tapi tetap jaga tata krama.

5. Tunjukan kualitas diri kamu

Disini kamu juga dapat menunjukan kualitas diri kamu dilingkungan yang baru. Dengan begitu kamu akan mudah dikenal dengan karyawan atau atasan kamu. Dengan menunjukan kualitas diri sama dengan kamu telah menancapkan jati diri kamu ditempat kerja yang baru.

6. Hindari sifat sombong

Bukalah diri kamu sebaik mungkin dan hindari sifat sombong, buatlah mereka nyaman dan buatlah dirimu menyenangkan dihadapan mereka. Seringlah menegur dan basa-basi misalnya hanya sekedar ngajak ngopi atau minta diajarkan melakukan suatu pekerjaan yang baru.

Nah, temen-temen itulah cara jitu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Jadi kesimpulannya buatlah dirimu senyaman mungkin di tempat krja yang baru, namun jangan lupa juga buatlah mereka nyaman yang akan membuat mereka menyukai keberadaanmu. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman kamu yaa !