5 Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing Yang Harus Diketahui

cara menjadi marketing yang sukses

omiska.com - Semua orang sudah tidak asing lagi dengan istilah Marketing, marketing memiliki peran yang penting didalam suatu perusahaan. Dikatakan penting karena dari marketinglah perusahaan mendapatkan banyak konsumen, penjualan yang meningkat, dan menguasai pasar. Jumlah konsumen yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan menentukan besarnya pemasukan, lalu semakin besar pemasukan akan semakin berkembang juga perusahaan. Nah, bagi kamu yang baru terjun ke marketing dan masih meraba-raba bagaimana sih dunia marketing itu? pada artikel ini omiska.com akan memberikan tip sukses menjadi seorang marketing yang mesti kamu tau dan terapkan dalam diri kamu. Yuk disimak ya !


1. Membuat Strategi Promosi Yang Menarik

Marketing tidak akan lepas dengan istilah promosi, karena itu buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik konsumen. Supaya lebih mudah mendapatkan konsumen lakukan promosi dengan cara memberikan potongan harga, menawarkan bonus, memberikan semacam programyang bertujuan agar konsumen tertarik untuk mengumpulkan poin, dan kegiatan promosi menarik lainnya. 

Selain itu, jadilah sponsor disetiap event-event baik itu event besar maupun kecil, ini bertujuan untuk membangun loyalitas konsumen.

2. Menentukan Target Pasar Yang Tepat

Sebelum menawarkan produk maupun jasa kepada konsumen, sebaiknya tentukan target pasar yang akan dibidik. Contohnya adalah komunitas anak muda baik yang bergerak dalam bidang yang berkaitan dengan produk perusahaan, kampus-kampus yang memungkinkan mendapatkan banyak konsumen, atau komunitas khusus wanita. 

3. Menguasai Pengetahuan Produk atau Jasa Yang Kamu Tawarkan

Satu-satunya cara supaya calon konsumen tertarik adalah dengan cara menguasai informasi produk atau jasa lebih rinci. Dengan begitu, kamu juga dapat merekomendasi produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, misalnya kamu menawarkan produk berupa Make-up, jika kamu dapat menguasai informasi produk tentunya kamu dapat merekomendasi produk make-up mana yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Berikan informasi yang jelas mengenai produk beserta harga dan kegunaan produk , dengan begitu mereka akan semakin percaya dengan produk yang kamu tawarkan.

4. Memperhatikan Keluhan atau Ketertarikan Konsumen

Setiap konsumen memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda, ada yang puas, ada yang sangat puas, bahkan sebaliknya ada yang tidak puas. Ini tidak bisa dipungkiri, setiap marketing akan familiar dengan tingkat kepuasan konsumen. Untuk itu, perhatikanlah respon mereka mengenai produk yang mereka beli atau jasa yang telah mereka gunakan, jika konsumen puas makan jadikan itu sebagai testimoni untuk memperkuat ungguan produk, dan jika tidak puas sebaiknya evaluasi kembali supaya kedepannya perusahaan dapat menciptakan produk atau menawarkan jasa yang lebih baik lagi.

5. Memperluas Jaringan

Ini sangat wajib dilakukan oleh seorang markerting, jika kamu memiliki jaringan yang luas dan kuat maka akan memudahkanmu dalam menjalankan profesimu sebagai marketing. Kamu dapat berkerja sama dengan marketing lainya, dengan begitu tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan produk atau menawarkan jasa kepada calon konsumen lebih luas lagi. Selain itu, keuntungan lainnya memperluas jaringan adalah kamu dapat sharing pengalaman dan menambah pengetahuan dalam dunia marketing.

Nah, begitulah 5 tips sukses menjadi seorang marketing yang wajib kamu ketahui. Dalam marketing penolakan konsumen adalah rintangan yang sangat kecil, maka dari itu kamu juga harus terus melatih mentalmu dan terbiasa dengan hal-hal seperti itu, tetap semangat karena ada seseorang yang menunggumu dirumah. Share jika artikel ini menarik supaya teman kamu tau apa yang kamu tau.