Cara Menghadapi Bos Yang Pelit Dengan Cara Yang Jitu

cara menghadapi bos yang pelit

omiska.com - Sebagai karyawan pada suatu perusahaan, sudah semestinya anda harus mematuhi semua aturan yang diberikan oleh bos anda. Selain itu anda juga harus sopan kepadanya walaupun ia memiliki sifat yang otoriter sekalipun. Selain memiliki sifat yang otoriter, bos pelit juga akan membuat kita merasa tidak betah bekerja dikarenakan sifatnya itu. 

Sebenarnya, bos pelit itu bisa diatasi dengan mudah asalkan kita mengetahui kemauannya dan tau bagaimana cara mengambil hatinya. Banyak orang yang merasa kurang nyaman bekerja karena memiliki bos yang pelit, apalagi mereka bekerja pada usaha perdagangan, rusak barang sedikit saja bisa ambyar masalahnya. Apalagi jika pekerja ditugaskan mengantar barang keluar kota, uang operasionalnya aja diberi pas-pas-an. Kalau sudah begini mah, mau minta naikin gaji aja pasti mustahil dikabulkan, bener gak?

Nah, bagi kamu yang memiliki bos yang pelit, simakh nih beberapa cara mengatasi bos pelit yang akan buatmu kembali betah bekerja.


1. Jangan pernah takut sama bos

Banyak karyawan merasa takut berhadapan dengan bos yang pelit, sebenarnya ketakutan inilah yang membuat anda tidak betah bekerja. Hormatilah bos sebagai mestinya, tanpa harus merasakan takut. Segan boleh takut jangan !


2. Bersikap rendah hati dan taati peraturan si "Bos"

Sebelumnya kamu sudah  tau dong bahwa bos anda itu pelit, biasanya orang pelit memiliki sikap yang keras jika dibilang A maka harus A tidak boleh B. Maka dari itu, bersikaplah rendah hati jangan sampai terkesan anda lebih pintar dari bos anda. Terima saja keputusan dari bos anda dan tidak usah membantah. Jika memiliki kendala jangan sungkan-sungkan untuk memberitahukannya dan mungkin dengan begitu ia akan melakukan planing yang baru, atau malah ia meminta kamu untuk membantunya memikirkan solusi.


3. Jika ingin memberikan saran, carilah waktu yang tepat

Mungkin anda memiliki saran sebelum melakukan sebuah pekerjaan, atau memiliki saran lainnya untuk perusahaan? sebaiknya anda menyampaikan saran anda disaat waktu yang tepat dan hindari pada kondisi genting dikarenakan ini sama saja kamu memancing kemarahan bos.


4. Ciptakan prestasi sebelum meminta menaikkan gaji

Sudah sangat umum semua karyawan yang bekerja pada suatu perusaah mengidam-idamkan kenaikan gaji. Lalu apakah mungkin gaji anda akan dinaikkan sementara bos anda terkenal seantero dengan pelitnya? tentu bisa kok ! Sebelum meminta menaikkan gaji sebaiknya anda menciptakan prestasi di perusahaan dalam bentuk apapun. Misalnya disiplin waktu atau meningkatkan kualitas kerja anda yang akan memungkinkan bos melirik kamu dan akan menganggap kamu adalah karyawan terbaik, so tidak menutup kemungkinan dong jika pengajuan kenaikan kamu ditolak.

Nah, itulah beberapa tips singkat mengatasi bos yang pelit. Jadi intinya adalah jangan eprnah merasa takut pada bos anda, segan boleh takut jangan. Setelah itu jika anda ingin dilirik oleh bos apalagi anda menginginkan kenaikan gaji, maka sebelumnya ciptakanlah prestasi di perusahaan maka kemungkinan besar permintaan kenaikan gaji kamu dikabulkan.