5 Perbedaan Website Dan Blog Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Website Dan Blog

omiska.com - Bagi anda yang baru memulai untuk membuat blog atau website, mungkin diantara dari anda belum mengetahui apa sih perbedaan blog dan website?  nah sebelum membahas lebih jauh ni ada baiknya kita harus mengetaui dulu pengertian blog dan website.

Blog - Adalah sebuah web yang mengandung konten-konten personal seperti artikel, video, maupun foto yang disediakan oleh pemiliknya. Blog biasanya berisi opini pribadi, pengalaman pribadi, atau memberikan tips-tips yang dilengkapi dengan gambar dan video.

Website - Adalah suatu halaman web yang dikatakan saling berhubungan yang biasanya berisi teks, video, foto, link yang biasanya dibuat untuk personal, dibuat untuk toko online dan perusahaan yang bertujuan memperkenalkan sebuah perusahaan dan produk. Website dapat dibedakan menjadi dua, yaitu website bersifat statis dan dan dinamis. Website statis adalah kontennya tidak berubah-ubah dan segala informasi dan konten hanya dari pemilik website saja, Contoh :  Profil perusahaan.  Sedangkan website dinamis adalah kebalikan dari website statis, info dan konten akan selalu berubah tiap menit bahkan tiap detik, pelakunya adalah pemilik website dan pengguna website. Contoh : Facebook, twitter, kaskus dll

Nah, setelah mengetahui pengertian blog dan website maka kita akan membahas apasih perbedaan website dan blog?

1. Bahasa 

Blog - Biasanya blog dikelola oleh penulis sendiri, namun blog juga menyediakan pengguna lainnya agar dapat menulis di blog yang sama yang berperan sebagai pengarang. Biasanya blog menggunakan bahasa yang tidak formal atau bisa dikatakan menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh pengunjung, namun tetap mengutamakan bahasa yang sopan dan anti toxic.

Website - Biasanya memiliki tujuan berupa target yang spesifik (contohnya website perusahaan). Agar dapat meyakinkan pelanggan biasanya sebuah website menggunakan bahasa yang formal dan terlihat profesional.


2. Konten 

Blog - Blog memiliki konten yang unik seperti berupa pengalaman pribadi, opini atau hiburan seperti jokes-jokes yang menambah minat pengunjungnya. 

Website - Website yang biasanya digunakan oleh suatu perusahan atau badan khusus (organisasi) untuk kebutuhan komersial saja. Konten-konten dalam website biasanya mengulas informasi perusahaan, produk maupun jasa yang ditawarkan. 

3. Coding

Blog - Karena blog diciptakan untuk memudahkan penggunanya untuk mengelola dan mengoptimasi, pengguna tidak perlu menguasai bahasa-bahasa atau keahlian programing untuk mengelola sebuah blog, karena untuk memanage blog terbilang sangat sederhana jika dibandingkan dengan mengelola website.

Website - Website biasanya dilengkapi dengan tools (alat) yang digunakan untuk administratornya untuk memanage atau mendesain tampilan website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Untuk memanage blog ini terbilang rumit, karena penggunanya harus menguasai keahlian bahasa-bahasa web atau keahlian programing seperti : PHP, HTML5, CSS3 dan lain sebagagainya. Namun ada beberapa website yang menawarkan membangun website dengan mudah, hanya menggunakan metode drag and down yang tentu akan memudahkan penggunanya dalam mengelola sebuah website.

4. Arah Komunikasi

Blog - Komunikasi yang terjadi pada blog bersifat interaktif, para pengunjung dapat menanggapi penulis dikolom komentar yang telah disediakan dibawah postingan blog, dapat dikatakan interaksi yang terjadi bisa dua arah.

Website - Pengelola website hanya menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan kepada pengunjung, komunikasi yang terjadi bersifat satu arah, namun bagi penbgunjung yang ingin berinteraksi dengan pengelola website (admin) baisanya sebuah website telah menyediakan informasi kontak yang dapat dihubungi, biasanya berupa Email, Call center maupun Live chat yang akan langsung terhubung ke admin.

5. Administrator

Blog - Biasanya di kelola oleh satu orang atau perorangan

Website - Biasanya dikelola oleh tim ahli khusus yang biasanya dipercaya oleh sebuah perusahaan atau organisasi. 

Nah teman-teman, itulah perbedaan blog dan website. Sekarang kamu sudah lebih tau kan perbedaan antara keduanya? Bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yaa supaya mereka tau apa yang kamu tau. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel