Tips Sukses Ujian Tes CPNS 2019


omiska.com - Menjadi abdi negara memang sangat banyak diminati oleh banyak orang dari dulu hingga sekarang, nah buktinya aja setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pasti banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk mengikuti tes CPNS. Banyak alasan mengapa orang-orang menyukai menjadi PNS, antara lain adalah, karena gaji dan tunjangan yang lumayan, jenjang karir yang jelas, memiliki jaminan masa tua, lebih percaya diri (karena akan mudah bergaul dan akan mudah mencari pasnagan, karena banyak calon mertua mengidamkan menantu PNS). Dalam ujian CPNS pastinya kamu akan dihadapkan dengan siangan-saingan yang kompeten, maka disini kamu harus siap berkopetensi dengan mereka. Jika kamu ingin menjadi PNS sebaiknya sebulan sebelum mengikuti tes kamu terus-teruslah belajar dan berlatih mengerjakan soal tes CPNS agar kamu tidak susah lagi dalam menjawab soal-soal tes.

Materi tes CPNS masih sama yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Dasar  terdiri dari:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)2. Tes Intelegensi Umum (TIU)3. Tes Karakterisik Pribadi (TKP)

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sangatlah penting, dari tes inilah peserta tes CPNS dapat dinilai tentang rasa nasionalisme dan integritasnya. TWK biasanya berisi soal-soal kenegaraan seperti UUD 1945 ,pancasila, bhineka tuggal ika, sejarah nasional, NKRI dan kebijakan pemerintah indonesia. Sekilas persoalan ini sangatlah mudah untuk dikerjakan karena ini sama saja dengan pelajaran PKN yang telah kamu pelajari pada saat sekolah dasar, tapi sebenarnya pada saat tes berlangsung banyak orang yang gugur di tes ini. Sebaiknya pelajari dulu mengenai tes TWK beberapa hari atau ebebrapa minggu sebelum hari H.


2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan tes yang memiliki tujuan untuk mengukur kecerdasan, berupa kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analisa, dan kemampuan berfikir logis. Dlam tes ini sebaiknya fokuskan pada pertanyaan yang mudah untuk dijawab dulu. Jika kamu lemah pada kemampuan numerik, maka sebaiknya kamu mengisi soal yang lebih gampang, misalnya soal yang mengacu kemampuan verbal seperti sinonim, antonim, dan analogi, setelahnya kamu dapat mengisi soal yang lumayan gampang hingga yang susah.


3.  Tes Karakterisik Pribadi (TKP)

Untuk soal  Tes Karakterisik Pribadi (TKP) kamu dapat memilih jawaban yang paling bagus diantara yang lain, selain itu kamu juga harus jujur dalam menjawab soal TKP ini, karena jenis soal ini juga dapat mencerminkan kepribadianmu. Sebelum megikuti tes sebaiknya kamu mempelajari dulu lewat buku atau web untuk latihan soal CPNS, dikarenakan soal TKP ini memang agak mirip dan biasanya akan sering sama dari tahun ke tahun. 



Sebelum mengikuti Seleksi Komepetensi Bidang (SKD) sebaiknya ikuti tips-tips dibawah ini :


1. Pahami jabatan yang dilamar

Dengan mengetahui jabatan apa yang dilamar, tentunya peserta bisa mendapat kisi-kisi soal yang nantinya akan dihadapi dalam sistem computer assisted test (CAT). Formasi atau jabatan CPNS terbagi dua bagian, yaitu ialah Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Disini peserta harus mengetahui formasi yang dilamar termasuk dalam kategori Fungsional Tertentu (JFT) atau Jabatan Pelaksana (JP). Formasi JFT contohnya adalah teknisi penerbangan, guru dan dokter. Sedangkan formasi JP contohnya adalah pranata pemadam kebakaran, teknologi informatika, dan analis humas & prototokol.


2. Kenali jenis ujian SKB

Ada beberapa jenis dalam ujian SKB, yaitu tes potensi akademik, computer assisted test (CAT), tes fisik atau kesamaptaan, tes praktik kerja,tes kesehatan jiwa, tes bahasa asing, psikotes, dan wawancara. beberapa formasi tidak menghadapi ujian CAT. Misalnya formasi di Basarnas yang mewajibkan tes keahlian berenang atau untuk formasi penjaga tahanan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang harus melewati uji fisik atau kesamaptaan. 


3. Ketahui jadwal dan datang tepat waktu

Usahakan datanglah ke lokasi ujian 1 jam sebelum unian dimulai, ini dikarenakan sebelum ujian peserta diharsukan melakukan beberapa tahapan administrasi, proses absensi, penyimpanan barang bawaan, dan pengecekan identitas diri. 


Hal yang harus kamu lakukan menjelang tes CPNS

1. Persiapan diri

Sebelum hari H sebaiknya kamu persiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS. Pastikan kamu memiliki kemeja putih, celana hitam dan sepatu hitam (pantofel), jika bagi wanita menggunakan kerudung, gunakanlah kerudung warna hitam. 

2. Mengetahui lokasi tes 

Sebelum hari H kamu juga harus mengetahu dimana lokasi tes CPNS diadakan, ini untuk mencegah keterlambatan pada saat hari H karena kesasar.

3. Jangan begadang

Hindarilah begadang menjelang hari H, sebaiknya hidnarilah belajar hingga begadang karena ini terlalu memaksa otak, dan kemungkinan pada saat hari H kamu akan kurang konsentrasi untuk mengisi soal-soal yang ada.

4. Jangan lupa sarapan

Nah, ini berlaku pada hari H. Kamu juga sangat wajib untuk sarapan pagi sebelum pergi, karena dengan sarapan lagi kamu akna mudah berkonsentrasi pada saat tes. 

5. Jangan lupa berdoa dan meminta doa

Ini yang sangat terakhir dan sangat penting, menjelang ujian sebaiknya kamu berdoa kepada tuhan dan jangan lupa pula meminta orangtuamu untuk mendoakanmu agar lulus. Jika kamu seorang muslim, ada baiknya sholat malam (Tahajud) di sepertiga malam menjelang hari H dan perbanyaklah bersedekah agar dipermudahkan urusannya oleh Allah SWT.