Tips Membangun Jaringan Yang Kuat Untuk Bisnis Agar Semakin Berkembang


omiska.com - Dengan adanya jaringan atau Networking, maka sebuah bisnis akan lebih mudah berkembang. Mungkin bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis sudah tidak asing lagi dengan istilah membangun sebuah jaringan dalam bisnis. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh sebuah bisnis atau perusahaan yang memiliki banyak jaringan. Manfaat adanya Networking atau jaringan dlaam sebuah bisnis atau perusahaan antara lain adalah, dapat menambah koneksi dan relasi, meningkatkan penjualan, menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis yang ditekuni, memecahkan masalah yang sama dan banyak manfaat lainnya. Untuk membangun sebuah Networking atau jaringan yang kuat dalam bisnis, ada bainya kamu mengikuti tips-tips dibawah ini :


1. Memperbanyak Kenalan Dengan Cara Sering Pergi Ke Event Atau Seminar

Sudah banyak pebisnis sukses dalam membangun sebuah jaringan bisnis yang kuat yang berawal dari banyaknya melakukan perkenalan dengan orang lain. Kamu dapat mendatangi event-event atau sebuah seminar dan kamud apat mencari kenalan baru disana. Ada baiknya ikutlah event atau seminar bisnis yang mahal, dan tentunya akan dihadiri oleh orang-orang kaya, dan kamu akan berpeluang besar mendapatkan kenalan baru untuk membangun sebuah jaringan bisnis bersama mereka. 


2. Saling Tukar Krtu Nama

Nah, jika kamu sering mendatangi sebuha event atau seminar, maka kamu juga dapat saling tukar kartu nama dengan orang-orang disana dengan tujuan membangun jaringan bisnis kamu. Maka, sebaiknya sebleum pergi ke sebuah event atau seminar persiapkan dulu kartu nama sebanyak 50 atau lebih.

3. Menjalin Komunikasi Yang Baik

Setelah medapatkan banyak kenalan, maka kamu dapat bertukar nomor telapon ataub whatsapp untuk mempererat hunbungan. Sering-seringlah membuka pembicaraan yang membahas bisnis dan strategi bisnis, atau minimal sekedar basa-basi untuk menanyakan kabar. Selain itu kamu juga dapat membicarakan bisnis dengan cara mengajak makan malam diluar, dengan begitu semakin banyak kamu berkominkasi dan membahas persoalan bisnis maka akan semakin erat hubungan kamu dengan relasi kamu, nah ini artinya kamu berpeluang besar berhasil untuk mengajak mereka untuk bekerja sama. 

4. Bergabung Dengan Sebuah Komunitas

Mungkin ini merupakan hal yang umum dna sering sekali diremehkan, sebenarnya sebuah komunitas juga sangat penting untuk memngembangkan jaringan bisnis yang kuat. Kamu dpaat bergabung dengan komunitas yang memilki visi dan misi yang sama denganmu, atau satu bisnis denganmu. Misalnya kamu memilki bisnis menjual komputer, maka kamu dpaat mencari komunias pelaku bisnis yang sama denganmu. Komunitas ini dapat kamu temukan di forum-forum online seperti kaskus, facebook, telegram atau grup whatsapp. 

5. Jangan Takut Dengan Penolakan

Nah, ini yang banyak ditakuti oleh orang orang. Sebenaranya penolakan itu merupakan hal yang biasa terjadi pada saat kita membangun sebuah jaringan yang kuat. Membangun jaringan bisnis tidaklah semudah memabalikkan telapak tangan, banyak proses yang harus di lalui dan diperlukan kesabaran. Jika terjadinya penolakan bisa saja mereka tidak satu misi dan visi dengan kamu, teruslah berusaha dan jangan menyerah.