5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Fresh Graduate

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Fresh Graduate

omiska.com - Sebagian besar mahasiswa yang baru saja lulus kuliah atau Fresh Graduate sering menganggap setelah lulus kuliah mereka dapat bersantai dengan tenang, tak jarang mereka menghabiskan waktu hingga setahun lebih untuk bersantai tanpa memikirkan karir mereka kedepannya.  Tapi faktanya setelah tali kuning digeser kekanan itu berarti para Fresh Graduate sudah memulai perjalanan hidup yang sebenarnya. Dalam kehidupan yang sebenarnya maksudnya adalah, hidup yang penuh tantangan, tanpa bergantung pada orangtua dan harus memiliki pekerjaan sendiri dan serba sendiri. Nah untuk menghindari kesalahan yang sering dilakukan oleh para Fresh Graduate yang akan menghambat karir kamu maka ikuti tips-tips dibawah ini yaa !


1. Belum membuat plan karir

Mungkin ini sudah umum terjadi, seperti yang saya katakan tadi sebagian besar para Fresh Graduate menghabiskan banyak waktu untuk bersantai dan liburan hingga berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Ini adalah tindakan yang membuang-buang waktu, sebaiknya secepatnya kamu mencari lowongan kerja di situs-situs internet atau bahkan forum kampus sehingga kamu tidak banyak membuang waktu dalam hal yang tidak penting yang menghambat karirmu kedepannya. Apalagi jika kamu sudah sangat dewasa ini akan menjadi masalahnya, karena banyak perusahaan yang mematokkan umur yang menjadi salah satu syarat pendaftaran kerja.


2. Format surat lamaran tidak rapi

Jika hendak melamar kerja ke perusahaan, jangan anggap sepele hal-hal kecil. Dalam melamar kerja ke sebuah perusahaan sebaiknya membuat surat lamaran kerja yang rapi dan menggunakan kata yang sopan. Jika dalam surat lamaran saja terlihat banyak kesalahan seperti banyak ejaan yang salah, nama perusahaan yang salah dan kesalahan-kesalahan kecil lainnya atau bahkan kamu menggunakan kata-kata yang kurang sopan maka ini sangatlah fatal. Jika kamu memberikan kesan yang kurang menarik di awal-awal, mungkin para penyeleksi kerja akan Skip berkas kamu, karena dengan melihat surat lamarannya saja kamu langsung di cap memiliki pribadi yang ceroboh.


3. Tidak memenuni kriteria kerja

Ketika perushaaan telah merilis pengumuman open recruitment pastinya mereka juga sudah membuat kriteria yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Namun, tidak sedikit para Fresh Graduate melamar kerja walaupun mereka tau bahwa mereka tidak memenuhi syarat atau kriteria yang telah tertulis pada pengumuman lamaran kerja. Sebenarnya ini merupakan tindakan yang membuang-buang waktu dan kemungkinan sangat besar kamu tidak akan diterima, sebaiknya kamu menunggu lowongan kerja yang kriterianya sesuai denganmu.


4. Sangat yakin pada surat lamaran dan CV (Curriculum Vitae)

Mungkin kamu akan akan menganggap surat lamaran dan CV kamu pasti sangat menarik, dan kamu sangat yakin akan diterima dalam suatu pekerjaan. Sebenarnya, surat lamaran dan desain CV yang menarik ini juga tidak terlalu terpengaruh loh guys, bahkan tanpa sepengetahuanmu banyak juga para pelamar kerja yang membuat lamaran kerja dan CV yang lebih menarik. Yang harus kamu lakukan adalah, berikan tindakan yang akan membuat perusahaan percaya atas kemampuanmu, misalnya dalam wawancara kamu dapat memberikan solusi atau menangani suatu permasalahan dalam pekerjaan. Buatlah mereka terkesan dengan skill yang kamu punya dalam bidang yang kamu kuasai, dan kemungkinan besar penyeleksi kerja akan mudah mengingat namamu.


5. Mencari lowongan kerja hanya lewat online saja

Manusia zaman sekarang tentu sangat ketergantungan pada internet, karena di internet kita dapat mengetahui segalanya dan tak terkecuali lowongan kerja. Banyak para Fresh Graduate mencari kerja lewat informasi-infiormasi lowongan kerja dari online saja, sebenarnya ini tidak salah. Namun akan lebih baiknya carilah kerja secara offline juga, biasanya kebanyakan para pemberi kerja mencari calon karyawan yang berasal dari referensi teman yang orang yang dipercayainya saja, atau kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu atau bahkan sanak suadara yang bekerja disuatu perusahaan untuk memberikan informasi jika perusahaan memerlukan karyawan baru. Maka sebaiknya perluas pencarian lowongan kerja secara online maupun offline. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel