Cara Perbaiki Hard Drive Bermasalah Dengan CHKDSK (Check Disk) Dengan Mudah


omiska.com - CHKDSK atau merupakan singkatan dari Check Disk yang dapat berfungsi untuk memindai sebuah Hard Drive yang mengalami masalah lalu memperbaikinya. Fitur ini nantinya akan memperbaiki kesalahan-kesalahan pada file sistem yang berupa file yang corupt, sistem keamanan yang tidak baik terkait sebuah file, dan memperbaiki kesalahan-kesalahan metadata yang terkandung dalam file. CHKDSK atau Check Disk juga memindai setiap sektor yang ada pada Hard Drive dan mencari dan memperbaiki bagian yang biasa disebut Bad sectors.

Untuk tetap menjaga pengoptimalan laptop, maka sebaiknya kamu gunakan fitur ini setiap sebulan hingga tiga bulan sekali sebagai upaya perawatan berkala pada Hard Drive. Selain perawatan berkala kamu juga sebaiknya menggunakan Check Disk ini pada saat laptop mati tak wajar, bisa jadi akibat adanya sistem yang Crash atau ketika kamu menggunakan laptop hingga baterai habis total. Namun dalam kasus-kasus tertentu terkadang windows akan secara otomatis melakukan Check Disk pada saat kamu mulai menghidupkan kembali laptopmu (Startup).

Utilitas Check Disk ini tersedia pada hampir semua versi windows, untuk memperbaiki Hard Drive bermasalah dengan menggunakan Check Disk yuk ikuti langkah-langkah berikut ini yaa !!

Pertama-tama buka Windows Explore

Klik kanan pada Disk C kemudian pilih Properties.




Kemudian klik Tools pada bar lalu klik Check.




Nah, pada windows 10 biasanya akan muncul pemberitahuan seperti ini, yang berarti Hard Drive kamu tidak mengalami kesalahan. Jika kamu ragu-ragu atau kamu yakin jika Hard Drive kamu bermasalah,  kamu dapat klik Scan drive untuk memindai kesalahannya.



Kemudian, mulailah pemindaian yang berlangsung beberapa menit.



Jika Hard Drive kamu baik-baik saja dna tidak menemukan kesalahan pada saat pemindaian, maka akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini.





Nah, itulah cara perbaiki Hard Drive bermasalah dengan menggunakan CHKDSK atau Check Disk, maka sebaiknya kamu selalu pantau performa laptopmu dan lakukan  Check Disk secara berkala. Jika aretikel ini bermanfaat share artikel ini ke teman-teman kamu yaa guys, supaya mereka tau apa yang kamu tau.