Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Sendiri


omiska.com - Mungkin dapat dikatakan laptop merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang setelah Smartphone. Karena sifatnya Portable, maka laptop mudah dibawa kemana-mana yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan daya listrik, dan mengandalkan baterai laptop sebagai sumber dayanya. Namun ada permasalahan yang sering membuat penggunanya jengkel, yaitu laptop sering restart dengan sendiri nya dan secara tiba-tiba. Tentu ini sangat menganggu penggunanya pada saat asik bermain laptop atau bahkan sedang mengerjakan suatu kerjaan, dan laptop pun mati dan melakukan restart secara mendadak. 

Salah satu penyebab laptop restart Sendiri dikarenakan adanya sistem yang corupt. Sistem corupt ini dpaat disebabkan oleh berbagai hal, baik itu karena dimakan virus, operasi sistem tidak cocok pada spesifikasi laptop, dan kesalahan pengguna. Jika benar laptop restart restart Sendiri karena sebab-sebab diatas, kamu cukup menginstall ulang dan kejadian ini tidak akan terulang.

Selain penyebab laptop restart restart Sendiri dikarenakan ada sistem yang corupt, ada juga faktor lain yang lebih parah. Penyebab lainnya adalah dikarenakan laptop mengalami overheat atau panas yang berlebih, penyebab overheat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah dikarenakan kipas (Fan) laptop tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mati, untuk hal ini kamu dapat memeriksa pada bagian kipas laptop kamu, taruhlah tangan kamu di bagian kipas (bagian luar) dan jika kamu tidak merasakan adanya udara yang keluar maka kemungkinan besar kipas laptop kamu mati. Solusinya adalah kamu dapat membawanya ke tukang serivce laptop untuk memeriksa kipasnya, jika sudah parah maka tukang servis akan merekomendasikan mengganti kipas yang baru. Namun jika kamu memiliki keahlian di bidang elektronik khususnya laptop maka kamu akan menghemat sedikit uang.  Faktor kedua adalah, overheat dikarenakan kamu menempatkan laptop ditempat seperti kasur atau bantal yang menyebabkan laptop cepat panas, maka sebaiknya taruhlah alas datar dibawah laptopmu.

Penyab lainnya yang membuat laptop restart Sendiri adalah dikarenakan Hardisk mengalami Badsector, badsector adalah keadaan dimana satu sektor dalam hard disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Hal ini dapat kamu perbaiki dengan cara scanning hardisk atau Check disk dan melakukan Defragment disk yang akan membantu menganalisis dan memperbaiki hardisk yang bermasalah. 

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop restart Sendiri. Jika artikel ini bermanfaat share artikel ini ke taman-teman kamu yaa !!

Anda mungkin menyukai postingan ini