8 Cara Jitu Membangun Personal Branding Di Sosial Media

8 Cara Jitu Membangun Personal Branding Di Sosial Media

personalbranding

omiska.com - Di era modern ini, masyarakat tidak akan lepas bahkan asing dengan sosial media. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line dan banyak lainnya, selain digunakan untuk chating penggunanya juga dpaat mendapatkan informasi yang diuanggah oleh pengguna lainnya, atau bahkan yang diuanggah oleh akun-akun berita. Sosial media ini sebenarnya memiliki sisi positif yang snagat banyak, salah satunya adalah penggunanya dpaat membangun sebuah personal branding.

Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karir melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Kemudian citra ini dapat dipresentasikan melalui sosial media. Personal branding ini sangat sering dikaitkan dengan kesuksesan karir seseorang. Masyarakat sangat sadar akan kehadiran sosial media ini, bahkan masyarakat sangat susah atau bahkan dapat dikatakan tidak bisa lepas dari sosial media. 

Perlukah bisnis menggunakan personal branding?

Dibilang perlu sih tidak harus juga, karena tidak semua bisnis membutuhkan brand, dan tidak semua industri pula harus tau siapa kamu. Contohnya industri smartphone Apple, pembeli tidak harus tau dong siapa CEO dari Brand Apple, karena tau atau tidaknya pembeli mengetahui siapa CEO Apple, maka tidaklah mempengaruhi pada penjualan. Namun ada juga industri tertolong jika nama kamu, misalnya kamu berprofesi sebagai pengacara, maka lembaga bantuan hukum itu akan lebih sering digunakan jasanya daripada lembaga hukum yang pengacaranya orang biasa saja dan tidak terkenal.

Nah, untuk membangun personal branding dengan menggunakan sosial media, ada baiknya kamu mengikuti tips-tips dibawah ini.


1. Pilih Sosial Media Yang Tepat

Yang pertama adalah, kamu dpaat menentukan dan menemukan sosial media yang cocok dengan profesi kamu. Mislanya kamu adalah seorarng photografer, kamu dpaat menggunakan Instagram (ini umum), Tumblr, bahkan Facebook dan Twitter agar kamu dapat mengunggah hasil karya kamu di sosial media.


2. Bergabung Dengan Komunitas

Komunitas atau grup snagat bermanfaat untuk mengembangkan skil dan menambah ilmu baru, maka dari itu kamu harusnya bergabung dengan kominitas yang visi misinya sama denganmu, selain itu kamu juga dapat memperluas jaringan disana. Seeringlah berinteraksi dengan orang-orang dikomunitas dan seringlah bertanya kepada mereka.


3. Menggunakan Nama Yang Sama Disemua Akun Sosial Media

Jika kamu ingin membangun personal branding, seharusnya kamu menggunakan  nama yang asli, dan jangan sesekali menggunakan nama yang gak nyambung dengan nama kamu, misalnya nama kerern nama alay atau aplalah. Usahakan kamu menggunakan nama yang sama disetiap akun sosial media kamu, dengan demikian akun sosial media kamu akan lebih mudah ditemukan.


4. Menggunakan Foto Profil Terbaik

Katakanlah menjaga Image, kamu seharusnya menggunakan foto profil yang terbaik dan tampak profesional, maka orang-orang akna lebih yakin dengan kemampuan kamu pada bidang yang kamutekuni. Dan jangan sesekali menggunakan foto alay yang akan membuat orang berasumsi kamu tidak profesional, karena karakter seseorang itu bisa dilihat darimana saja salah satunya adalah dari foto profil.


5. Membangun Passion

Personal branding sangat erat kaitannya dengan minat passion kamu, maka jika sudah menjadi passion maka tentunya kamu sangat mencintai bidang yang kamu tekuni sekarang ini. Jika kamu memiliki passion ke fotografi, tentunya kamu akan menggali informasi mendalam mengenai fotogafi  dan mengetahui seluk beluknya dan kamu akan berusaha keras agar semua peralatan yang kamu miliki harus lengkap. 


6. Menciptakan Ciri Khas

Jika sudah menemukan passionmu, dan sekarang kamu harus menciptakan ciri khas. Misalnya kamu memilki passion ke fotografi, maka kamu harus memiliki ciri khas yang tidak dimiliki orang lain dari cara pengambilan foto, pengaturan warna gambar yang dapat kamu sesuaikan di pengaturan kamera dan aplikasi edit foto, dan lain sebagainya. Begitu juga jika kamu memiliki passion bloging, kamu dapat menulis dengan gaya tulisanmu sendiri yang unik yang belum pernah dimiliki oleh orang lain, baik itu cara menyapa pengunjung lewat tulisan, memberikan sedikit joke, atau cara bagaimana kamu jelaskan untuk melakukan sesuatu.


7. Mengupload Postingan Yang Sesuai Dengan Passion

Sosial media adalah tempat untuk berbagi, selain berbagi hasil karyamu, kamu juga dpaat memebagikan informasi mengenai passion yang kamu tekuni, dengan bergitu kamu akan dianggap profesional oleh orang-orang karena kamu membegikan sesuatu yang sesuai dengan bakatmu.


8. Membangun Citra Yang baik

Untuk menjadi profesional dan agar orang lain mempercayai kredibilitas kamu, sebaiknya kamu membangun citra yang baik di sosial media. Hindarilah mengikuti atau memfollow akun negatif dan follow lah akun-akun positif. Selain itu unggahlah foto yang sopan dan jangan terlihat bar-bar, hindarilah memposting hal-hal yang negatif di akun sosial media kamu. Selain itu kamu juga harus bijak dalam menanggapi orang-orang yang terkadang berkomentar pedas dan memang tidak suka denganmu, dan teruslah berbagi hal-hal yang posistif.

Nah guys, itulah 8 cara jitu membangun personal brandong di sosial media, jika artikel ini bermanfaat ada baiknya kamu membagikan artikel ini keteman kamu agar mereka tau apa yang kamu tau.



Anda mungkin menyukai postingan ini