Tips Membeli Laptop Yang Benar Dan Berkualitas

tips membeli laptop yang benar dan berkualitas
Source : www.kotatv.com

omiska.com - Laptop adalah salah satu alat elektronik yang sanat dibutuhkan oleh masyrakat saat ini, baik itu digunakan untuk bekerja maupun untuk sekolah/kuliah. Dizaman teknologi seperti yang kita rasakan saat ini memilih laptop memang harus membuat banyak pertimbangan dan harus sesuai denga yang kita butuhkan. Kalau dulunya kita membeli laptop yang hanya mempertimbangkan kapasitas baterai dan ruang penyimpanan, dijaman sekarang jika kita akan membeli laptop harus melihat Prosessor, VGA, dan RAM. Selain mengutamakan kualitas yang terbaiki kita juga harus menyesuaikan dengan budget yang kita miliki supaya kita dapat membelinya dengan kemampuan ekonomi kita. Sebelum kamu membeli laptop ada baiknya kamu ikuti tips-tips dibawah ini supaya gak salah beli !

1. Tentukan kebutuhankamu membeli laptop 

Sebelum membeli laptop tentu dong kamu sudah menentukan laptop itu digunakan untuk apa? misalnya untuk keperluan kantor kamu dapat membeli laptop yang Low End karena biasanya pekerjaan kantor itu tidak memerlukan "power" laptop yang tinggi. Jika kamu membeli laptop dengan tujuan desain sebaiknya kamu membeli laptop High End, dengan prosessor yang tinggi minimal Intel Core i5 atau dari seri AMD Ryzen 5 2600, RAM minimal 8 GB dan VGA minimal 4 GB. 

2. Menentukan tempat membeli laptop yang benar

Sebelum membeli laptop baru ada baiknya menentukan dimana kamu membeli laptop, pastikan tempat itu tidak menjual barang-barang yang refubrish atau barang bekas yang telah rusak yang sudah di perbaiki dan dijual kembali. Kamu dapat mengunjungi gerai resminya. Namun sayangnya mereka memberikan harga yang tidka bisa ditawar lagi, namun sebenarnya sedikit lebih mahal tidak masalah asal laptop yang kamu beli itu berkualitas tinggi dan original. Sangat berbeda dengan barang pada tempat yang bukan gerai resminya, kamu akan ditawarkan dengan harga yang relatif murah dan dapat kamu tawarkan lagi hingga mendapatkan harga yang lebih murah, namun ini tidak menjamin kualitas barang yang kamu beli.


3. Memperhatikan merknya

Yang gak kalah penting adalah menentukan merk laptop yang akan kamu beli, carilah merk yang terkelnal seperti Apple, Asus, Dell, Lenovo, Acer dan lainnya yang sudah tidak diragukan lagi dengan performa dan kualitasnya. Dan biasanya ni laptop dengan merk-merk terkenal ini lebih tahan lama dan memiliki garansi servis dan pelayanan yang sangat memuaskan.


4. Ukuran Layar Laptop

Sejak dulu orang-orang juga sudah menentukan layar laptop yang sesuai dengan kebutuhannya, sebenarnya ini sih sesuai kebutuhan masing-masing atau selera masing-masing. Bagi kamu yang ingin membeli laptop yang digunakan untuk pekerjaan seperti desain atau edit video sebaiknya menggunakan laptop dengan ukuran layar 14" keatas, jika kamu ingin membeli laptop yang digunakan untuk soscial media atau hanya untuk pekerjaan-pekerjaan ringan seperti menjual produk atau sebagainya kamu dapat menggunakan laptop dengan ukuran 11" atau 12". Karena biasanya para pekerja marketing dan pegiat sosial media ini lebih sering nongkrong di cafe, dan laptop kecil juga mudah dibawa kemana aja dan lebih hemat tempat.

5. Garansi

Ini ada kaitannya dengan point nomor 3, biasanya garansi diberikan oleh gerai-gerai resmi yang sudah tersebar dikota-kota. Nah dengan adanya garansi ini kamu tak perlu takut dan ragu lagi membeli laptop ditempat tersebut, jika laptop kamu mengalami kerusakan dalam waktu tertentu kamu dapat membawa laptopmu ke gerai resmi dan akan mendapatkan servis gratis ! dan jika sudah tidak memungkinkan biasanya penggunanya akan diberikan laptop yang baru.

Nah, itulah beberpaa tips yang sebaiknya kamu ikuti sebelum kamu membeli laptop, selain menyesuaikan kebutuhan kamu juga sebaiknya membeli laptop yang memiliki merk terkenal, dan belilah laptop pada gerai resminya maka kamu akan mendapatkan pelayanan yang baik dan diberikan garansi minimal 1 tahun. Menarik? bagikan artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga tau apa yang kamu tau yaa !!