Pengalaman Saya Mengatasi Video Kena Hak Cipta Di Youtube (Klaim Content ID)

cara mengatasi video yang kena hak cipta klaim content id

omiska.com -  Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya pada saat saya mengalami strike, klaim ID di youtube. Mungkin sangat menyebalkan setelah kita mengupload video ke youtube, tiba-tiba video kita kena copyright atau hak cipta (Klaim Content ID). Namun mau bagaimana lagi, itulah resiko seorang youtuber apalagi youtuber yang membuat konten-konten yang mengambil material orang lain, misalnya audio maupun video. Sebenarnya klaim hak cipta ini bukan hanya diakibatkan kita mengambil video orang atau audio orang dengan cara yang salah, klaim hak cipta juga akan kita dapatkan ketika video kita mengandung audio yang ber-hak cipta walaupun tidak kita sengaja sekalipun. Misalnya kamu sedang merekam video review di rumah, tiba-tiba ayah kamu menghidupkan musik dangdut dengan suara yang sangat keras yang memilki hak cipta, lalu musik itu terekam pada video kamu secara tidak sengaja, maka kamu akan dikirimkan sebuah email dari youtube mengenai pelanggaran ini. Ya mungkin menyebalkan namun mau gimana lagi, inilah peraturan youtube yang harus kita patuhi.

Beberapa hari yang lalu saya mengalami klaim hak cipta pada video saya, saya membuat video Fair Use dan saya lengah pada saat mengedit hingga video saya diklaim hak cipta oleh pemiliki video , inilah screenshotnya :


Sekali kena 2 sekaligus, miris bukan? ini diakibatkan kelalaian. Maka dalam mengedit video itu tidak sembarangan, kamu juga harus meneliti kembali sebelum kamu menguploadnya ke youtube. 

Dalam status monetisasi video ini memang akan dimonetisasi oleh penggugat (lihat lingkaran merah), jadi artinya video yang saya miliki ini memang akan menampilkan ikan, namun penghasilannya 100% masuk ke Adsense penggugat. Jika kamu memiliki kejadian yang sama seperti saya, kamu dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu menghapus video yang terkena hak cipta atau membiarkannya saja walau dimonetisasi oleh penggugat. Jika video kamu itu menarik dan kamu dapat menjangkau video ini akan booming dan berpotensi akan menambah banyak subscriber, maka sebaiknya kamu tak perlu menghapusnya dulu, kamu dapat menghapusnya kapan saja yang kamu mau.

Kamu juga dapat memperbaiki video ini kok, caranya adalah dengan melihat detik dan menit berapa yang mengandung video maupun audio hak cipta lalu menghapusnya atau mengganti dengan scene yang baru. 

Oya, selain itu kamu juga dapat mengajukan penolakan, dan ini juga tidak menjamin pengajuanmu dapat diterima oleh Youtube. Cara mengajukan penolakan sebagai berikut :

  • Buka Youtube studio
  • Pilih Video di menu sebelah kiri
  • Cari video yang diklaim hak cipta, lalu Klik Lihat detail klaim hak cipta
  • Ketika kamu telah diarahkan ke halaman info hak cipta video, kamu klik Tolak dibagian Pilih Tindakan.
Mungkin kamu butuh penjelasan yang lebih rinci dari Google mengenai klaim hak cipta, klik  Disini

Nah, itulah sedikit pengalaman saya dalam mengatasi video yang terkena hal cipta atau Klaim Content ID di youtube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dna bagikan ke teman kamu supaya dia juga tau yaa!