Keuntungan Menjadi Freelancer Yang Membuat Orang Akan Berhenti Menjadi Karyawan


omiska.com - Apa yang kamu pikirkan jika kamu mendengar kata "Freelance" ? mungkin salah satunya adalah kamu akan memikirkan "Bebas waktu". Yaa. menjadi freelance memang akan terlihat menyenangkan bagi orang-orang yang tidak suka suka bekerja disebuah perusahaan, dan mereka cenderung liha memutar tak bagaimana mereka mendapatkan uang tanpa bekerja di perusahaan. Bisa saja mereka bekerja secara online sebagai penerjemah, konsultasi online, jasa optimasi SEO, web designer, atau jasa pembuatan blog dan lain sebagainya. Apalagi sekarang sudah ada ruang bagi freelance didunia internet dengan adanya website-website penyedia pekerjaan untuk mereka yang dpaat diakukan secara online dengan deadline yang ditentukan. Pada artikel kali ini omiska.com akan membahas beberapa keuntungan menjadi freelance.

1. Bebas menentukan waktu dan tempat kerja

Salah satu keuntungan freelance adalah bebas menentukan waktu dan tempat kerjanya, misalnya mereka mendapatkan job editing foto maupun design web mereka bisa bekerja kamar, di pinggir pantai, kafe sambil nongkrong sama temen, atau tempat-tempat lainnya. Jadi mereka gak mesti ke sebuah tempat khusus untuk menyelasikan pekerjaanya seperti kantor dan lain sebagainya.


2. Biasanya memiliki penghasilan lebih besar

Jika karyawan dikantor sudah ditentukan gaji perbulannya, katakanlah Rp.5.000.000 maka setiap bulannya maka setiap bulannya seorang karyawan akan mendapatkan gaji yang sama, untung-untung ada bonus maka gaji seorang karyawan agak sedikit meningkat. Sedangkan freelance, mereka akan mendapatkan penghasilan yang gak menentu dan biasanya lebih besar dari gaji karyawan. Bayangkan saja ketika ada yang memerlukan jasa design web dan seorang freelance dengan harga Rp.2.500.000 dan bayangkan dalam 1 bulan mereka mendapatkan job hingga 5x? Apalagi nama mereka sudah cukup dikenal dengan keahliannya sendiri maka akan memungkinkan freelance memiliki penghasilan yang lebih besar daripada gaji karyawan.


3. Tidak ada tekanan 

Mungkin kita sering melihat lowongan-lowongan kerja dan salah syaratnya calon karyawan "Dapat bekerja dibawah tekanan"? ini bukan hanya sebuah syarat formalitas dan tentunya dikantor pasti ada tekanan dari atasan yang mengharuskan karyawannya harus dapat mengejar target yang ditentukan oleh perusahaan disetiap bulan atau tahunnya. Namun enaknya di freelance, kamu tidak perlu khawatir dengan adanya tekanan yang demikian itu, karena disini kamu bekerja kamu yang menjadi atasannya.


4. Dapat memperluas jaringan (Networking)

Freelance akan memberikan kesempatanmu untuk memperluas networking, karena bebas waktu bekerja jadi kamu dapat melakukan pertemuan dengan freelance lain atau bahkan mencari rekan kerja dan memperkaya bidang keahlianmu. Atau bahkan jika kamu memiliki keahlian bidang yang lain maka ini akan sangat menguntungkan dan memungkinkan kamu akan mendapatkan pekerjaan-pekerjaan dan proyek yang baru. 

5. Menentukan bayarannya sendiri

Ini ada hubungannya di point nomor 2, seorang freelance dapat menentukan bayarannya sendiri dan ini alasannya kenapa freelance lebih besar penghasialnnya daripada gaji karyawan. Namun ritme penhasilan freelance berbeda dari gaji karyawan, jika karyawan kana mendapatkan gaji sebulan sekali namun dalam sebulan freelance akan mendapatkan penghasilan berkali-kali tergantung banyak atau tidaknya yang memerlukan jasa freelance.


6. Tak perlu menggunakan seragam kantor

Jika karyawan kantor menentukan seragam yang formal dengan kemeja atau jas, seorang freelance dapat bekerja dengan pakaian apa saja. Jika drumah seorang freelancer wanita menggunakan baju tidur atau baju dasterpun bisa.


7. Mengemat biaya transportasi dan makan

Karena freelance ini bebas waktu dan tempat, maka mereka dapat menghemat biaya trasportasi dengan hanya bekerja dirumah saja dan menghemat biaya makan. Jadi lebih memungkinkan untuk menabung bukan?!

Nah, itulah keuntungan menjadi freelance yang katanya bebas bekerja dimana aja dan memiliki penghasilan yang lebih besar dari karyawan, apakah kamu berminat menjadi freelancer?