Cara Mengatasi Masalah Traffic Tidak Valid (Perubahan Kebijakan Google Adsense Pembatasan Penayangan Iklan Di Blog)


omiska.com - Mungkin kamu telah menerima pemberitahuan dengan adanya kebijakan baru dari Google Adsense yang dikirimkan ke email setiap publisher Google Adsense. Kebijakan terbaru ini memang berlaku pada bulan september 2019 yang sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 19 September yang lalu. Mungkin bagi kamu yang belum membaca email dari Google Adsense yang telah dikirim beberapa waktu lalu, sebaiknya membacanya supaya kamu tau mengenai kebijakan ini. Mungkin bagi kamu yang terkena dampak dari kebijakan baru Google Adsense ini akan merasa galau karena blog kamu tidak menampilkan iklan lagi. Dan di status yang dapat dilihat di dashboard Google Adsense akan tampil seperti ini dibawah ini :

Gambar 1

Dalam sisi positifnya, perubahan kebijakan atau kebijakan baru yang ditetapkan oleh Google Adsense ini cukup menarik, pasalnya dengan adanya kebijakan baru ini akan memungkinkan meminimalisir penolakan pada publisher, karena koten sensitif tidak menjadi alasan utama penolakan, hanya saja Google membatasi iklan yang tampil pada blog.

Namun bagaimana nasib publisher yang terkena dampak ini? lalu apa yang dapat dilakukan?

Dalam kasus ini, saya mendapatkan pemberitahuan bahwa adanya masalah traffik tidak valid di akun saya. Penampakan statusnya seprti dibawah ini :

Gambar 2

Untuk melihat status masalahnya kamu cukup mengklik link "PUSAT KEBIJAKAN" pada Gambar 1. Saya juga tidak terlalu mengerti masalahnya trafik tidak valid ini seperti apa, namun saya mendapatkan tips dari Google Adsense di salah satu halaman support.google.com , yaitu Yang dapat saya lakukan untuk membantu mencegah traffik tidak valid, mungkin kamu dapat memabacanya langsung dengan mengklik link ini agar lebih jelas.

Bagi kamu yang terkena dampak dari kebijakan baru adsense yang telah diterapkan pada bulan september ini, sebenarnya blog kamu dapat dikatakan akan atau bahkan sedang direview ulang oleh pihak Google Adsense. Yang harus kamu lakukan adalah :


  1. Jangan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk meningkatkan traffic blog, 
  2. jangan mengklik iklan sendiri atau menyuruh orang lain untuk klik iklan karena google juga melihat impresionnya
  3. Teruslah membuat konten dan bangun audiens sementara Pihak Google Adsense mereview blog kamu. 


kamu tak perlu khawatir, walaupun iklan dibatasi bukan berarti kamu sudah di banned oleh pihak Google Adsense, kamu juga dapat mengakses dashboard Google Adsense seperti biasa. 

Selain traffik yang tidak valid, jika dilihat kembali pada email yang dikirim Google Adsense mengenai kebijakan baru ini adalah, Google Adsense juga memberikan Pembatasan Penayangan Iklan pada konten :

  1. Konten seksual
  2. Konten yang mengerikan (Gore)
  3. Bahan peledak
  4. Senjata api / Komponen senjata api / Jenis senjata lainnya
  5. Tembakau
  6. Narkoba
  7. Penjualan dan penyalahgunaan alkohol
  8. Perjudian online
  9. Obat resep
  10. Obat suplemen yang tidak berizin resmi

Dan konten yang berdampak akan ditolak untuk dimonetisasi antara lain adalah :

  1. Konten ilegal
  2. Materi pelecehan seksual terhadap anak (Pedofilia)
  3. Konten seksual vulgar
  4. Tema dewasa dalam konten keluarga
  5. Penyalahgunaan kekayaan intelektual
  6. Spesies langka atau terancam punah
  7. Konten berbahaya dan menghina
  8. Memfasilitasi pelanggran hukum
  9. Konten yang menyesatkan
  10. Software yang berbahaya
Bagi teman-teman yang memiliki konten-konten sensitif seperti diatas sebaiknya mengubah haluan ke konten-konten yang lebih "Aman", dengan begitu kamu akan berkemungkinan blog kamu akan lolos dari review yang dilakukan oleh pihak Google Adsense, dan akan menampilkan iklan tanpa adanya Pembatasan Penayangan Iklan lagi.

Mungkin hanya ini saja, jika bermanfaat share artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga tau apa yang kamu tau..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel