Apa Itu Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya Startup Di Indonesia?

pengertian startup dan perkembangan startup di indonesia

omiska.com - Mungkin masih banyak masyarakat indonesia yang belum mengenal dengan Startup, jika dilihat dari bahasanya dari bahasa inggris, Startup dapat diartikan sebagai tindakan, lebih lengkapnya adalah sebuah proses yang dikerjakan oleh sebuah organisasi terbaru atau usaha bisnis. Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama atau dapat dikatakan baru-baru saja beroprasi, perusahaan yang didirikan pun berada dalam tahap pengembangan dan penelitian dengan tujuan untuk menentukan pasar yang tepat. Namun jika diperhatikan kebanyakan perusahaan-perusahaan yang dapat dikategorikan Startup kebanyakan berbau-bau teknologi.

Perkembangan bisnis Startup di negeri kita indonesia ini terbilang berkembang dengan sangat pesat, sekarang terdapat setidaknya 1500 lebih startup lokal (yang ada di indonesia). Berdasarkan beberapa riset ditahun 2013 lalu, diperkirakan pengguna internet di indonesia ini bisa mencapai 70 juta lebih pengguna dan terus meningkat hingga sekarang. 

Menurut Rama Mamuaya yang merupakan CEO dailysocial.id, Startup di indonesia dapat digolongkan 3 , yakni :

  • Startup Edukasi (Aplikasi pembelajaran)
  • Startup Pencipta Game
  • Startup Perdagangan (E-Commerce & Information)
Pembuata game dan pembuatan aplikasi edukasi (pembelajaran) terbilang mudah, dengan begitu 2 kelompok Startup ini memiliki pasar yang terbuka dan potensial di indonesia. Aplikasi website seperti E-Commerce & Information ia mengatakan kelompok ini memiliki tantangan yang cukup besar karena minimnya pengguna kartu kredit di indonesia.

Menurut wartaekonomi.co.id karakter perusaahan yang dapat digolongkan perusahaan atau bisnis Startup antaralain adalah :

  1. Usia perusahaan yang belum lama
  2. Memiliki jumlah karyawan yang sedikit
  3. Karyawan yang mampu bekerja multitasking (setiap karyawan memiliki 2 hingga 3 pekerjaan sekaligus)
  4. Aura semangat yang tinggi, maka perusahaan atau bisnis Startup ini kebanyakan didirikan oleh anak-anak muda
  5. Umumnya memanfaatkan teknologi
  6. Mengandalkan website
  7. Mengandalkan dana sendiri atau memiliki investor yang memberikan dana yang besar.


Contoh perusahaan Startup yang ada di indonesia antara lain adalah :

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli di indonesia yang sangat populer yang didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari jawa timur. Salah satu kelebihan situs jual beli ini adalah dengan adanya sistim pembayaran yang aman pada saat bertransaksi, pembayaran dari pembeli tidak langsung dikirim ke penjual melainkan ditampung secara temporary di bukalapak, setelah barang diterima dengan baik oleh pembeli, maka bukalapak akan mengirimkan dana ke penjual barang.

Gojek

GoJek adalah salah satu Startup di indonesia yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat yang sangat di populerkan oleh masyarakat di indonesia. Bidang utama yang merupakana layanan dari GoJek itu sendiri adalah jasa transportasi dan kurir.

Tiket.com

Sesuai dengan namanya, situs tiket.com adalah sebuah Startup yang memberikan memberikan penawaran jasa pembelian reservasi tiket yang dapat dilakukan secara online dan sangat memudahkan masyarakat. tiket.com ini didirikan ada tahun 2011 lalu dan berencana mengembangkannya keluar negeri, seperti hongkong, malaysia, australia dan cina. 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Startup guys, dengan begitu kamu makin kesini makin tau kan apa itu startup dan bagaimana perkembangan startup di indonesia? jika artikel ini bermanfaat bagikan artikel ini ke teman - teman kamu ya guys !!