Tips Menabung Yang Benar Untuk Anak Muda Atau Kaum Milenial


omiska.com - Anak muda yang berusia 20 an susah menabung? bisa dikatakan wajar karena sedikit dari mereka memikirkan kedepannya. Namun ada juga anak muda yang berhasil menabung hingga jangka panjang. Alasan utamanya adalah karena anak muda 20 an biasanya memiliki gaji yang relatif sedikit yang membuat mereka susah akan menabung, apalagi diusianya makin banyak keperluan yang akan di beli. Namun sebaiknya bagi anda sendiri harus dapat membedakan yang mana "Want" dan "Need" sehingga kamu dapat membeli benda-benda yang seperlunya saja, jika mengkuti nafsu karena "Want" maka kamu akan kesulitan untuk menabung uang. Namun omiska akan memberikan beberapa tips menabung untuk anak muda atau kaum milenial yang mungkin kamu bisa ikuti.

1. Menambah Pemasukan dan Mengurangi Pengeluaran


Di era digital seperti yang kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui internet. Kamu bisa menjual suatu barang di facebook maupun instagram untuk menambah bulanan sehingga kamu bisa menabung. Selain itu jika kamu memiliki bakat desain, kamu bisa mempromosikan bakat mu diinstagram dan berikan harga yang friendly di awal-awalnya sebagai harga promosi. Selain itu kamu juga harus bisa mengurangi pengeluaran, misalnya dlama sebulan kamu pergi ke cafe bisa sampai 10x kamu dapat mengurangi 5x dalam sebulan. Yang biasanya tiap hari kamu makan di tempat yang mahal kamu dpaat membiasakan diri makan di warteg, dan sesekali saja kamu makan di tempat yang mahal. Bagi kamu yang merokok seharusnya kamu mengurangi bungkusan rokok disetiap bulannya, jika kamu ingin berhenti ini moment yang tepat. Selain perlahan kamu dapat berhenti merokok, kamu juga dapat menghemat uang dan bisa menambah tabungan.

2. Kurangi Belanja Online

Disini mengapa orang jaman dulu lebih mudah menabung daripada jaman sekarang, karena orang jaman dulu cuma tidur makan kerja (Repeat). Dijaman sekarang orang-orang susah nabung karena banyak godaan belanja online, namun siapa sih yang tidak tergiur dengan barang-barang yang ditawarkan, pasalnya sih keren-keren. Seperti yang kia bahsa diatas kamu harus bisa membedakan "Want" dan "Need". Kamu dapat berbelanja apa yang kamu butuhkan dan mengurangi belanja apa yang kamu inginkan. 

3. Membagi Gaji Untuk Menabung

Kamu harus bersika tegas terhadap dirimu sendiri, khususnya terhadap nafsumu. Sisihkan gaji kamu setiap bulannya untuk menabung, mislanya kamu memiliki gaji sebanyak Rp.3.000.000, kamu dapat menabung sebanyak Rp.1.700.000 selebihnya kamu dapat menggunakan untuk keperluan kamu selama sebulan. Jadi dalam setaun tabunganmu bisa mencapai Rp.20.400.000, nominal yang cukup lumayan bukan?

4. Mulailah Berinvestasi Sedikit Demi Sedikit

Jika tabunganmu sudah lumayan banyak,kamu bisa meninvestasikan sebagian tabunganmu. Jika kamu menabung di bank ada 3 hal yang terjadi :
  • Setiap bulan tabunganmu dipotong untuk biaya administrasi.
  • Disetiap tahun adanya inflasi yang akan mengurangi tabungan anda (nilai uang).
  • Karena tabungan memiliki ATM yang akan memudahkan untuk melakukan penarikan uang dimana saja, akan membuat anda tergoda dan susah untuk berhemat.
Namun, disisi baiknya menabung dapat dijadikan sebagai uang simpanan yang dpaat kita gunakan pada saat keperluan mendadak. Selain menabung anda juga dpata berinvestasi, mulai dari investasi emas, reksadana, dan saham lainnya.

Baca juga



Nah, itulah 4 tips menabung yang benar untuk anak muda atau kaum milenial, dengan menabung kamu akan dapat membeli apa yang kamu inginkan, dan dengan menabung kamu tak perlu khawatir lagi disuatu saat kamu memerlukan dana mendadak karena kamu sudah mempersiapkannya.