Inilah Beberapa Fungsi CMD Yang Jarang Diketahui Pengguna Windows


omiska.com - Mungkin para pengguna windows sudah tidak asing dengan CMD atau Command Prompt ini. Secara umum CMD merupakan suatu perintah DOS berbasis teks yang hanya ada di operasi sistem windows. Tujuan adanya CMD ini agar pengguna windows dapat menjelajahi windows lebih dalam seperti memeriksa hardisk, memeriksa baterai laptop, mengetahui mac adddress laptop, membagikan jaringan wifi layaknya hotspot dan lain sebagainya. Banyak pengguna windows belum tau fungsi-fungsi dari CMD ini salah satunya adalah kamu karena mengunjungi artikel ini huhu. Yuk disimak guys, inilah fungsi CMD yang jarang diketahui oleh pengguna windows.


1. Menyembunyikan Suatu File

Fungsi pertama CMD dapat digunakan untuk menyembunyikan suatu file. Setiap orang pasti punya privasi dong ya, pastinya kamu memiliki alasan tersendiri untuk menyembunyikan suatu file. Dengan menggunakan CMD ternyata kamu dapat menyembunyikan file yang hanya kamu doang yang bisa akses, caranya adalah dengan mengetikkan attrib +s +h E:\folder rahasia. Keterangannya "E" merupakan nama drive dimana kamu sembunyikan folder dan folder rahasia adalah nama file yang ingin di sembunyikan. Jika dijadikan seperti rumus maka attrib +s +h drive:\nama folder. Untuk menampilkan folder kembali kamu cukup mengetik kembali kode namun hanya mengubah + (plus)  menjadi - (minus).


2. Mengetahui Mac Address komputer

Mungkin ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang yaa, mungkin bagi kamu yang belum tau Mac address komputer merupakan semacam identitas unik pada sebuah perangkat keras (Hardware) jaringan yaitu kartu jaringan (Ethernet Card). Setiap komputer memilki Mac address yang berbeda-beda, untuk mengetahui Mac address komputer kamu, kamu cukup mengetik ipconfig/all di CMD maka kamu akan mengetahui Mac address kamu.


3. Membagi Jaringan Wifi 

Ternyata CMD juga dapat difungsikan sebagai media pembagi jaringan wifi, seperti yang kita ketahui sudah banyak aplikasi pihak ketiga khusus untuk membagi jaringan suatu pengguna ke pengguna lainnya. Untuk membagi jaringan wifi tanpa menginstall aplikasi pihak ketiga kamu dapat mengetik netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=password8huruf.


4. Memeriksa Baterai Laptop

Untuk mengetahui bagaimana keadaan baterai laptopmu baik atau buruk kamu cukup mencari CMD dan klik kanan dan klik Run as administrator lalu mengetik perintah powercfg energy, dengan cara yang simpel ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai keadaan baterai laptopmu.


5. Memeriksa Performa Hardisk

Untuk mengetahu performa hardisk kamu baik atau buruk, kamu tak perlu mengintsal aplikasi pihakl ketiga untuk menganalisis hardisk, kamu dapat menggunakan perintah wmic diskdrive get status pada CMD. Jika hardisk kamu masih dalam keadaan baik maka kamu akan mendapatkan hasil "status ok"


6. Mengetahui Kapan Terakhir Komputer Melakukan Instalasi

Jika kamu adalah seorang yang teratur dalam berbagai hal dan menjadwalkan waktu tertentu untuk melakukan install ulang windows, namun kamu melupakan kapan terakhir menginstal komputer kamu cukup mengetik perintah systeminfo maka CMD akan memberikan informasi komputermu, kamu dapat melihat pada tulisan "Original install date".


7. Mematikan Laptop

Selain mematikan laptop dengan melakukan shutdown atau menekan tombol power, ternyata ada cara mematikan komputer secara unik ala-ala hacker yang dapat dilakukan menggunakan CMD. Kamu cukup mengetik perintah slmgr/ dlv dan tekan enter maka komputer akan mati, namun syaratnya komputermu harus terhubung dengan jaringan internet. 


Nah, jadi begitu guys beberapa fungsi CMD yang jarang diketahui oleh pengguna windows, jika artikel ini bermanfaat bagikan ketemanmu yaa supaya dia tau apa yang kamu tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel