WAJIB BACA !! Inilah Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Domain Gratis


omiska.com - Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi IP Address server komputer, seperti web server maupun email server di internet. Domain juga akan mempermudahkan pengguna internet untuk mengunjugi situs yang mereka ingin kunjungi, dengan adanya domain akan mempermudah pengguna internet dalam mengingat sebuah situs web maupun blog. Namun yang menjadi godaan besar bagi blogger (pemula) adalah dengan adanya situs yang menyediakan domain gratisan. Memang yang gratis-gratis itu menggoda ya !! Maka sebelum anda menggunakan sebaiknya anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangan menggunakan domain gratis.


Kelebihan

1. Tanpa mengeluarkan biaya 

Domain gratis ini dapat anda dapatkan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya apapun, anda hanya membutuhkan sebuah email dan blog saja dan ikuti petunjuknya anda akan mendapatkan domain gratisan seperti .ga , .tk, dan lain sebagainya.

2. Alamat web atau blog akan mudah diingat

Seperti yang saya katakan diataa, domain juga dapat memudahkan pengguna internet untuk mengingat alamat web atau blog anda, walaupun domain yang kita gunakan domain gratisan.

Kekurangan 

1. Tidak profesional

web atau blog yang menggunakan domain gratisan atau free domain dianggap sebagai situs yang abal-abal dan terkesan tidak profesional. Dengan begitu pengiklan dan para pengunjung susah percaya atau sama sekali tidak percaya kepada website atau blog anda. Jika anda ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense sebaiknya tidak menggunakan domain gratisan, karena menggunakan domain gratis akan susah diterima Google Adsense.

2. Susah memiliki peluang untuk bersaing

Jika anda menggunakan domain gratis akan mempersempit peluang anda untuk bersaing dengan web atau blog lainnya. Karena mesin pencari (Search Engine) lebih memprioritaskan domain berbayar daripada domain gratisan.

3. Memiliki masa gratisan

Biasanya penyedia domain gratis ini tidak bersifat selamanya, maksudnya mereka memberikan domain gratisan itu dalam jangka 12 bulan (1 tahun), ditahun berikutnya anda akan terus membayar setiap tahunnya.

Nah, jika sudah membaca kelebihan dan kekurangan menggunakan domain diatas saya harap anda dapat mempertimbangkan lagi sebelum menggunakan domain gratisan. 

Semoga artikel ini bermanfaat.