Tips Jitu Bisnis Jual Beli HP Second Supaya Mendapatkan Keuntungan Yang Banyak


omiska.com - Beberapa tahun kebelakang ini alat komunikasi sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Apalagi dengan teknologi yang semakin lama semakin berkembang hingga alat komunikasi (Handphone) terus berevolusi dan semakin canggih yang memiliki fitur-fitur yang sangat membantu penggunanya. Namun sebagian masyarakat agak kesulitan untuk membeli sebuah hp canggih (Smartphone) karena harganya yang terbilang cukup mahal, dengan melatarbelakangi hal ini banyak pebisnis-pebisnis yang mengambil peluang ini. Mereka membuka usaha jual beli hp bekas sehingga masyarakat dapat memiliki hp canggih walau dalam keadaan bekas (Second), keuntungannya pun bukan main-main, omsetnya bisa mencapai puluhan juta perbulan. Lalu bagaimana tips jitu berbisnis jual beli hp second supaya mendapatkan keuntungan yang banyak? Check this out !!


1. Memanfaatkan media sosial

Seperti yang diketahui bersama media sosial bukan hanya berfungsi sebagai "ajang pamer" saja atau membagikan momen-momen yang hebat. Media sosial juga dapat difungsikan sebagai media untuk mempromosikan produk-produk tertentu, dan di indonesia sendiri media sosial yang populer adalah Facebook dan Instagram, namun banyak pebisnis menggunakan instagram sebagai media promosinya. Anda dapat membuat akun khusus bisnis jual beli hp second anda dan promosikan produk-produk yang ingin anda jual dengan memberikan caption yang menarik dan meyakinkan.

2. Jangan mengambil keuntungan terlalu besar

Awal menjalankan bisnis jual beli hp second ini yang anda butuhkan adalah kepercayaan konsumen, sehingga mereka akan loyal kepada anda dan menjadi pelanggan. Berikan harga yang sesuai dengan kondisi hp yang ingin anda jual, jika hp tersebut tidak anda kendala anda apat mengambil untung Rp.100.000,- ke atas dan jika hp yang anda jual memiliki kendala anda dapat menjualnya dibawah harga tersebut. 

3. Periksa kelayakan hp sebelum membeli

Ini membutuhkan keahlian teknis, karena usaha ini merupakan usaha jual beli hp second pastinya ada orang-orang yang menjual hp mereka karena suatu alasan. Sebelum anda membeli hp yang ditawarkan anda dapat memeriksa seperti layar (LCD), baterai, speaker, dan microphone. Anda pastikan dulu semuanya baik, lalu jika ada suatu komponen yang bisa diganti dan sparepart hp tersebut mudah didapat, anda dapat mengurangi harga minusnya. Misalnya penjual memberikan harga Rp. 1.500.000 dan baterainya tidak tahan lama, anda dapat mencari tau berapa harga baterai hp tersebut dan tawarlah dengan harga yang wajar. Maka dalam berbisnis jual beli hp second ini sebaiknya anda juga memiliki keahlian teknis khusus, jika tidak memiliki keahlian anda juga dapat mencari mitra yang dapat membantu anda untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi harga dari sparepart hp.

4. Bersikap ramah pada konsumen

Ini memang sikap yang harus dimiliki oleh seorang penjual, bersikap ramah pada konsumen juga sangat penting, jika anda ramah dan pelayanan anda bagus maka konsumen akan mudah terpikat. Dalam bisnis ini selain bertujuan mendapatkan keuntungan yang banyak anda juga harus besikap bagaimana caranya konsumen itu akan kembali lagi kepada anda dan menjadi pelaggan setia yang pastinya akan mendatangkan keuntungan setiap kedatangannya.

5. Kejujuran (Adalah kuncinya)

Jaman sekarang populasi orang jujur ini sangatlah menurun, maka anda dapat menjadikan kejujuran untuk menggaet konsumen anda. Jujulah dalam berjualan, anda dapat memberikan harga yang sesuai dengan konsisi hp seperti yang saya katakan di point kedua. Jika hp tersebut memiliki kendala sebaiknya anda katakan langsung pada konsumen dan jangan disembunyikan. Karena jika konsumen itu mendapatkan kendala pada hp tersebut besoknya ia akan mendatangi anda dan mengekspresikan kekecewaanya dengan hp yang ia beli. Dengan begitu citra nama anda akan kurang baik dan kemungkinan besar dagangan anda akan sepi. Jika hp yang anda jual memiliki kendala dan anda tidak memperbaikinya karena suatu alasan, misalnya sparepartya susah ditemukan, anda dapat menjualnya dengan mengambil keuntungan yang sedikit. Maka sebelum anda membeli hp second yang ditawarkan oleh orang-orang sebaiknya anda memiliki keahlian sehingga anda tidak salah beli yang ujung-ujungnya rugi, udah beli mahal-mahal ketika dijual menjadi murah. 


Nah, itulah tips jitu bisnis jual beli hp second supaya mendapatkan keuntungan yang banyak, dalam memulai usaha ini anda juga dapat membeli hp second seharga 1 jutaan dan menjualnya dengan mengambil untung sebesar Rp.100.000 jika hp tersebut masih OK. Namun lebih menguntunkan lagi jika anda membeli hp dari orang yang membutuhkan sekali uang yaitu orang kepepet, biasanya mereka menjual hp murah-murah dan jika memungkinkan anda juga dapat menawarkan harga yang diberikan oleh penjual hp tersebut, jika hp itu sudah anda beli maka anda dpaat mejualnya sesuai harga pasaran dan anda mendapatkan keuntungan yang banyak.