Perbedaan Template Blog Premium dan Gratisan Yang Wajib Diketahui


omiska.com - Template merupakan desain tampilan pada sebuah blog, platform blogger menyediakan beberapa template yang dapat digunakan secara gratis, namun dengan tampilan yang bisa dibilang biasa saja. Selain itu ada juga website penyedia template yang menyediakan template yang lebih menarik dan lebih bervariasi daripada template yang ditawarkan oleh platform blogger, anda dapat mendownloadnya secara gratis (Free) maupun berbayar (Premium). Biasanya ni yang gratisan pasti ada dong sesuatu yang membuat suatu hal itu kelihatan seperti kurang "ser" aja gitu walaupun itu suatu hal kecil, maka diciptakanlah template versi premium, dengan membeli template premium anda akan mendapatkan pengalaman blogging yang lebih baik dan akan puas dan blog anda akan tampak lebih profesional. Namun apa sih yang perbedaan template gratisan dan berbayar atau premium? yuk disimak ulasannya dibawah ini.

Template Berbayar (Premium)

Template Premium ini biasanya dapat dibeli langsung pada website penyedia template, harganya pun bervariasi tergantung template yang akan dibeli. Jika anda membeli template premium pada website luar negeri, biasanya mereka menyediakan opsi pembayaran dari PayPal, Payoneer, dan Credit Card, dan jika anda membeli template pada website dalam negeri (Indonesia) biasanya dapat dibayar langsung melalui rekening bank (lokal). Dengan membeli template Premium, anda juga akan mendapatkan panduan yang akan memudahkan anda, anda akan mendapat paduan seperti cara memasang template dan segala tanya-jawab yang akan membantu anda untuk mengatasi template jika terjadinya masalah. Template Premium juga akan bebas dari Footer Creedit yang akan membuat blog anda terlihat lebih profesional. Biasanya penjual template akan memberikan update template versi terbarunya.


Template Gratisan (Free)

Template gratis ini juga tersedia pada website penyedia template, ini ditujukan bagi blogger-blogger pemula yang mungkin baru terjun kedunia blogging dan ingin mencoba menggunakan template gratisan dalam waktu yang ditentukan oleh si blogger itu sendiri, intinya ingin mencoba versi Demo nya dulu sebelum beralih premium. Template ini memang gratis alias tidak dipungut biaya apapun, namun kekurangannya adalah anda tidak mendapatkan bantuan sama sekali dari pemiliki template atau penyedia template, dan template gratisan biasanya ada Footer Credit yang membuat blog anda terlihat kurang profesional. Biasanya jika anda menggunakan template gratisan anda tidak diberikan ataupun tawaran update template versi terbarunya.

Nah, setelah anda membaca perbedaan template Premium dan gratisan diatas saya harap anda dapat mengambil kesimpulan template mana yang sebaiknya anda gunakan. Cuma saya menyarankan jika anda serius dalam membangun sebuah blog maka anda wajib membeli template versi Premium, walaupun anda mengeluarkan sedikit uang pada awalnya, tapi blog anda akan terlihat lebih profesional akan menambah kepercayaan bagi para pengiklan maupun visitor.