Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Harus Anda Ketahui


omiska.com - Apasih HTTP itu?  HTTP adalah sebuah protokol aplikasi untuk sistem informasi terdistribusi, kolaborasi, dan hypermedia. HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah dasar  komunikasi data untuk WWW (World Wide Web) dengan bentuk teks yang terstruktur dengan menggunakan Hyperlink. HTTP berfungsi untuk menghubungkan suatu komputer ke komputer lainnya dengan melalui koneksi internet atau secara online. Selain itu HTTP juga dapat berfungsi dalam menentukan bagaimana data maupun pesan dapat dapat diformat menjadi bentuk lainnya yang dapat diterima oleh browser, sehingga semua data yang diinginkan dapat di akses atau ditampilkan. 

Lalu apa itu HTTPS? HTTPS memiliki pengertian atau devinisi yang sama dengan HTTP, hanya saja HTTPS memiliki kelebihan keamanan (Secure). Dengan begitu HTTPS dapat menjamin keamanan dalam autentikasi server, yaitu memungkinan browser dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada aplikasi server yang sebenarnya. Selain itu HTTPS juga dapat menjaga kerahasiaan dan integritas data pengguna. 

Apa perbedaan HTTP dan HTTPS? 

Fungsi HTTP dan HTTPS sebenarnya sama saja, namun ada sedikit perbedaan yang berdampak sangat besar. Perbedaan yang sangat mencolok antara HTTP dan HTTPS ini adalah pada kemananan data yang ditrasnmisikan. HTTP tidak menjamin keamanan transmisi data sedangkan HTTPS menjamin keamanan transmisi datanya. Perbedaan kedua diantara HTTP dan HTTPS adalah port yang digunakan, HTTP menggunakan port 80 (Default) sedangkan HTTPS menggunakan port 433.

FYI !! Port merupakan sebuah mekanisme yang mengizinkan suatu komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program didalam jaringan.


Apa keuntungan mengubah HTTP ke HTTPS?

Ketika anda mengakses sebuah website yang menggunakan protokol HTTPS halaman yang dikirimkan ke anda sudah di di enskripsi dulu oleh protokol ini. Semua data yang anda kirimkan ke server baik itu data seperti indentitas, transfer pembayaran, registrasi dan nomor pin akan aman dari tindakan pencurian data ketika proses transaksi berlangsung. Dengan keamanan yang terjamin seperti ini tentu akan meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung (Visitor) pada sebuah website. Jadi orang-orang tidak ragu lagi untuk mengirim data yang diminta oleh web server.