7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner


omiska.com - Mungkin bisnis kuliner ini sangat banyak diminati oleh banyak orang ya, sikarenakan bisnis kuliner ini akan sangat cepat berkembang. Makanan adalah suatu hal yang paling disukai dan dicari oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Seiring berjalannya waktu makin banyak menu-menu kuliner terbaru atau kuliner-kuliner kekinian yang seolah-olah wajib dicicipi oleh orang-orang. Namun karena ini merupakan jenis bisnis yang sangat cepat berkembang semakin banyak orang-orang yang berbondong-bondong untuk berbisnis kuliner. Namun supaya anda tak salah langkah untuk memulai bisnis kuliner, ada baiknya anda memerhatikan beberapa hal dibawah ini.


1. Modal Awal

Yup ! setiap bisnis memiliki kecil/besarnya modal yang berbeda-beda, begitu juga dengan kuliner. Jika anda mengalami keurangan modal, anda juga dapat mencari rekan yang bersedia menambahkan kekurangan modal, selain itu anda juga dapat dengan mudah mengelola bisnis kuliner anda karena anda tidak sendirian karena anda dapat bertukar pikiran dnegan rekan anda. Anda juga dapat meminjam modal dari Bank memalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) maupun meminjam di koperasi.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Sebelum anda melangkah lebih jauh, anda harus menentukan lokasi usaha yang strategis yang akan memungkinan anda untuk mendapatkan konsumen yang banyak. Misalnya didepan sekolah, didepan kantor-kantor, persimpangan, maupun di area kota lainnya. Anda bisa menentukan tempat dimana aja sih sebenarnya asal tempat itu banyak dilalui banyak orang.


3. Menciptakan Menu Khas

Sebelum memulai bisnis kuliner, sebaiknya anda melakukan penelitian mengenai makanan-makanan favorit yang beredar dipasar, ini sudah sangat umum yaa. Hal terpentingnya adalah anda harus membuat atau menciptakan sebuah menu khas anda yang belum dimiliki oleh orang lain, anda dapat  menawaran menu andalan anda ketika konsumen akan membeli menu yang sedang banyak beredar dipasaran yang anda sediakan.

4. Menentukan Target Pemasaran Yang Tepat

Menentukan jenis usaha dnegan pasar merupakan hal yang sangat inti untuk mendekatkan kelancaran bisnis anda, dalam hal ini adalah bisnis kuliner. Dengan begitu anda harus dapat meneliti dan memprediksikan selera konsumen, dan berikanlah harga yang bervariasi dari harga rendah, menengah, dan tinggi dengan maksud agar siapa saja bisa mencicipi kuliner anda, namun jangan lupa harga yang ditawarkan sesuai dengan porsinya.

5. Promosi

Di jaman serba canggih ini anda dapatt mempromosikan di sosial media. Anda dapat mengupload menu kuliner yang yang anda sediakan dan berikan caption yang menarik agar memudahkan menggaet konsumen. Selain itu anda juga dapat memberikan harga promosi sebagai langkah awal untuk kedekatan anda dengan konsumen. Jika mereka tertarik dengan menu yang anda tawarkan maka akan memungkian terjadinya promosi dari mulut ke mulut dan semakin ramai orang-orang kenal dengan bisnis kuliner anda, apalagi menunya yang khas dan tidak ada dimanapun selain dari anda. Mengunungkan bukan?

6. Penampilan dan Perilaku

Mungkin anda pernah dong lihat mbak-mbak SPG yang menawarkan suatu barang, bisa saja rokok atau apalah itu. Nah, mungkin anda mengerti maksud saya, dalam melayani konsumen anda atau karyawan anda harus berpenampilan bersih dan menarik. Percaya atau tidak konsumen datang bukan hanya karena menunya yang enak. Apalagi pelayanannya ramah dan sopan, maka konsumen akan nyaman dan bisa jadi akan menjadi pelanggan setia.

7. Berdoa dan Rajin Ibadah

Mungkin banyak yang meremehkan dengan kekuatan doa dan banyak juga orang yang mencari rezeki hingga lupa dnegan tuhannya, percayalah tuhan tidak akan mengecewakan hambanya. Tuhan maha kaya dan rezeki tuhan yang kasih, jika anda mencari rezeki dan melupakan tuhan, maka anda telah malakukan kesalahan.


Anda mungkin menyukai postingan ini