Penyebab Akun Adsense Dibanned Tiba-Tiba Yang Harus Diwaspadai



omiska.com - Hello guys !! Pada artikel kali ini kita akan membahas Penyebab akun adsense yang dibanned. Bagi anda sebagai publisher Google Adsense mestinya harus mengikuti peraturan dan kebijakan yang sudah diberikan oleh pihak Google Adsense itu sendiri. Namun sangat disayangkan banyak publisher bermain curang dan nakal, baik itu disadari ataupun tidak disadari. Dikatakan disadari adalah mereka tau itu merupakan pelanggaran, namun mereka tetap melakukannya karena mereka berfikir akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Tidak disadari adalah bagi mereka yang baru saja terjun menjadi publisher Google Adsense dan mereka belum tau apa-apa mengenai kebijakan dan peraturan Google Adsense yang harus dipatuhi sehingga akun Google Adsense mereka dibanned permanen. So, apa aja sih penyebab akun Adsense dibanned? Check this out !!

#1 Ada Konten Yang Sensitif

Konten sensitif berupa sara, hacking, cracking, pishing, penjualan (obat) ilegal, konten pornografi dan konten sensitif lainnya. Coba dicek kembali lagi postingan-postingan yang telah anda publish, jika ada konten yang berbau sara seperti diatas maka sebaiknya segera dihapus.


#2 Klik Iklan Sendiri

Klik iklan sendiri merupakan pelanggaran yang serius, akun anda bisa-bisa saja dibanned permanen hanya sekli klik iklan pada blog maupun dari video youtube anda. Jika anda mengklik iklan sendiri mau sengaja atau tidak sengaja, siap-siaplah untuk mendapatkan email Disable akun (Banned) dari Google Adsense. Lalu bagaimana cara menghindari hal ini? jika anda ingin melihat situs atau video youtube anda yang sudah dikaikan ke Google Adsense, sebaiknya anda menggunakan Extension Adblock browser untuk mencegah iklan tampil. Ingat, jangan sesekali bermain curang !!


#3 Menyuruh Orang Lain Untuk Mengklik Iklan

Ini sama halnya seperti point diatas, ini merupakan pelanggaran serius yang harus di dicegah. Google sangat pintar dalam mendeteksi dan menentukan sah atau tidak sahnya pengeklikan iklan. Memang cara ini bisa diakali dan sangat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan banyak klik dari teman-teman anda, namun lama-kelamaan akan ketahuan dan kemudian akun Adsense anda akan di Banned permanen. Google juga memperhatikan rasio klik iklan dan pageviews yang tampil, jika terjadinya unbalance maka siap-siaplah anda akan mendapatkan email Disable akun (Banned) dari Google Adsense.


#4 Penempatan Iklan Disamping Gambar

Suatu artikel akan terasa hambar tanpa adanya gambar, gambar menjadi peran penting agar artikel menjadi menarik dan membuat para pembaca betah. Apalagi gambar-gambar edukasi yang akan membuat pembacanya cepat memahami isi artikel, misalnya sebuah gambar diagram, gambar arahan untuk sebuah tutorial dan lain sebagainya. Namun ada juga kasus dari para publisher nakal, mereka menempatkan iklan disamping gambar pada artikel untuk memanipulasi pembaca sehingga pembaca mengklik iklan. Jika anda melakukan kecurangan seperti demikian jangan heran lagi kenapa akun Adsense anda dibanned permanen.

#5 Blog Memiliki Konten Copy Paste

Tindakan copy paste konten dari sumber-sumber artikel lain merupakan hal yang tidak diperbolehkan, dan jika anda memiliki konten copy paste sebaiknya segera dihapus sebelum akun Adsense anda dihapus oleh Google. Mulailah membuat artikel secara murni, jika tidak memiliki ide  untuk mengupdate artikel, anda dapat me-rewrite artikel orang lain (Menulis dengan gaya bahasa sendiri)  selama tidak melanggar TOS maka aman-aman saja. Artikel yang paling berbahaya untuk di copy paste adalah seperti hasil riset penting, skripsi atau TGA, artikel personal dan lain sebagainya. 


#6 Situs MFA (Made For Adsense)

Dengan namanya saja sudah dapat dipahami, situs ini memang dikhususkan dibuat untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari Google Adsense saja. Ciri-ciri situs MFA adalah, menggunakan bahasa yang rancu yang sulit dipahami, redirect link, penempatan iklan yang sulit  bahkan tidak dapat di close, dan template nya sangat tidak enak dilihat (banyak tersedia penempatan iklan). Saya menyarankan buatlah blog yang bermanfaat bagi orang lain dan jangan hanya termotivasi oleh uang tanpa memperhatikan kualitas blog anda.


#7 Invalid Activity 

Mungkin banyak para blogger pemula yang belum mengetahui hal ini, bagi mereka yang memilliki trafik yang sedikit akan melakukan berbagai cara untuk memperbanyak jumlah trafik pada blog mereka. Misalnya melakukan pertukaran trafik (Traffic Exchange) atau membeli trafik dari pihak ke 3 yang sumbernya tidak jelas, bisa dikatakan trafik robot.  Google sangat memperhatikan hal ini, trafik berkualitas bersumber dari search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah 7 penyebab akun adsense dibanned yang wajib diwaspadai, mungkin jika anda melakukan salah satu tindakan diatas sebaiknya memeriksa kembali konten-konten yang anda buat. Hapuslah konten berbau sara dan perhatikan penempatan iklan agar tidak mengganggu para pengunjung (Visitor).