Pengalaman Pribadi Channel Youtube Lolos Monetisasi Setelah Demonitize Oleh Youtube (Channel di dismon)



omiska.com - Demonetize adalah singkatan dari Disable Monetization yang artinya suatu channel youtube yang kena Demonetize tidak dapat menghasilkan uang lagi dari channel tersebut, biasanya ini berlaku untuk 1 bulan, yang berarti youtube memberikan waktu dalam 1 bulan agar sang creator meninjau kembali video-video yang dianggap melanggar kebijakan. Setelah 1 bulan berlalu maka creator sudah bisa meminta pihak youtube untuk meninjau ulang channel apakah sudah layak dimonetisasi kembali ataupun belum. Namun banyak kasus youtube ini seperti mem-PHP-in creatornya, setelah diminta ajukan ulang youtube belum memberi kabar apakah channel yang bersangkutan dapat atau layak dimonetisasi atau belum layak. Maka disini para creator sudah sangat frustasi dengan kebijakan youtube yang semakin ketat dan dianggap OVER ini. Nah bagi anda yang sudah meminta pengajuan ulang setelah sekian lama tak kunjung mendapat kabar baik dari youtube, saya memiliki tips yang ampuh untuk mengatasi hal ini, BTW saya memiliki channel youtube informasi namun karena melanggar kebijakan youtube channel saya mengalami demonetize dalam waktu 1 bulan, namun alhamdulillah channel saya sudah dapat dimonetisasi kembali setelah melakukan cara-cara berikut ini .


#1 Meninjau Video Yang Dianggap Melanggar

Ini sangat penting, mau tidak mau anda harus menghapus video-video yang dianggap melanggar walaupun video tersebut sangat populer di channel anda. Youtube memang sangat ketat untuk menjaga konten original dengan begitu para creator harus berhati-hati dalam menciptakan video. Untuk meminimalisir copyright anda dapat mencantumkan credit pada video maupun deskripsi, tapi ingat ini untuk meminimalisir saja yang artinya pemilik video original bisa saja mengklaim atau melaporkan channel anda karena telah mengambil video mereka, ada juga yang mengizinkan jika anda memberikan credit bahwa anda mengambil video dari mereka. Ini semua tergantung dari pemiliki video ori dan bukan sepenuhnya dari youtube.

#2 Menggunakan Thumbnail Yang Sesuai

Anda adalah seorang creator sekaligus menjadi penikmat video youtube bukan? nah mungkin anda sangat risih dan jengkel, jika ada video yang menggunakan thumbnail tidak sesuai dengan videonya dan terkesan dilebih-lebihkan yang sebenarnya diluar ekspetasi. Ini juga melangggar karena ini merupakan suatu tindakan penipuan. 

#3 Hindari Konten SlideShow

Bagi para creator pemula pasti mengandalkan video seperti ini, yaa wajar saja saya dulunya juga membuat video berjenis ini juga. Saya mendapat kabar dari grup Facebook saya bahwa konten SlideShow akan sulit untuk lolos pada saat diajukan ulang, bahkan dalam review pertama juga sulit untuk lolos agar dapat dimonetisasi. Mau tidak mau anda harus menghapus semua konten Slide Show pada channel anda dan gantikan dengan video yang lebih baik seperti video yang ditransisi dan buatlah video semenarik mungkin.


Jika cara diatas sudah anda lakukan namun dalam waktu yang lama anda tidak mendapatkan kabar mengenai nasib channel anda, maka anda dapat mengirimkan email kepada creator-support@youtube.com untuk menanyakan permaslahan ini. BTW ini pengalaman saya pribadi dan alhamdulillah keesokan harinya channel saya langsung dapat di monetisasi kembali.


#4 Mengirim Email Ke Youtube

Mengirim email kepada tim youtube ini tidak menjamin bahwa channel anda dapat diterima kembali untuk di monetisasi namun ini bertujuan untuk mempercepat proses peninjauan. Jika anda ingin channel anda diterima kembali unuk dimonetisasi anda harus meninjau kembali video-video anda seperti point 1-3.

Jika anda tidak mendapatkan kabar dalam waktu yang lama sejak anda mengajukan ulang, anda dapat mengirim email ke creator-support@youtube.com seperti dibawah ini :


Atau jika anda tidak bingung, anda dapat melihat contoh email yang saya kirimkan ke tim Youtube dibawah ini :




lalu tak lama kemudian tim youtube akan membalas email seperti dibawah ini : 



Pada email balasan diatas fokus pada kotak merah, jika ingin mendapat respon yang cepat dari youtube khususnya email anda dapat mengirimkan URL channel anda seperti dibawah ini :



Tak lama kemudian saya menerima email kembali dari youtube seperti dibawah ini :


Disini saya tidak membalasnya lagi, karena dalam email itu mengatakan bahwa tim youtube akan eskalasikan terlebih dahulu pada tim terkait 

Keesokan harinya saya mendapatkan kabar gembira yang dari tim youtube bahwa channel saya sudah layak dimonetisasi kembali. berikut isi emailnya :



Nah, begitulah tips dari saya agar channel anda dapat lolos review setelah terjadinya demonetize, ini adalah pengalaman saya pribadi dan alhamdulillah channel saya dapat dimonetisasi kembali. Perlu diketahui saya terpaksa menghapuskan 80 video pada channel saya dan sisa hanya tinggal 90 video saja, namun tiada yang sia-sia kan? Memang peraturan di youtube semakin ketat, saya menyarankan kepada anda buatlah video yang original, dan jika channel anda merupakan channel fair use maka ikuti aturan yang ada. Semoga artikel ini membantu !!