Cara Menghindari Copyright Youtube Agar Tidak Kena Teguran


omiska.com - Bagaimana sih om untuk menghindari Copyright? saya pernah ditanyakan seperti ini oleh teman saya yang kebetulan adalah seorang youtuber pemula, ini memang merupakan pertanyaan umum. Klaim Copyright bisa berupa dari video ataupun musik, apalagi jika anda adalah youtuber reapload maupun reused content, pasti anda memerlukan bahan-bahan video maupun audio. Nah disini anda harus lebih bijak dan teliti sebelum anda menggunakan video maupun audio orang lain. Jika anda ingin mengecek video yang anda gunakan akan berdampak klaimCopyright anda dapat mengeceknya disini.

Apa itu klaim Copyright pada youtube?

Klaim copyright pada video youtube adalah suatu kondisi dari suatu video yang terindikasi menggunakan konten berhak cipta milik orang lain. Biasanya video yang terindikasi klaim Copyright ini tidak akan menghasilkan uang pada video tersebut, dan tandanya ada pada logo berhuruf ( C ) pada video. Youtube memang terbilang sangat ketat untuk menjaga video yang diunggah ke youtube yang original, biasanya konten-konten berhak cipta ini dapat digunakan jika para Reuploader atau mengunggah ulang mendapatkan lisensi maupun izin dari pemilik video tersebut.

Contoh konten berhak cipta :

Anda merekam kegiatan anda sehari-hari, anda menyukai lagu alan walker yang berjudul "On My Way" yang menjadi salah satu lagu yang populer ditahun 2019 ini. Karena anda menyukai lagu tersebut anda menjadikan lagu terebut menjadi backsound video lalu anda mengunggahnya ke youtube. Lagu alan walker yang berjudul "On My Way" merupakan salah satu lagu yang berhak cipta, maka video yang anda upload ke youtube tersebut terkena strike copyright.

Anda menonton salah satu berita televisi mengenai politik di indonesia misalnya, lalu anda menganggap tahun 2019 adalah tahun politik yang memungkinkan anda mendapatkan ratusan bahkan jutaan views di youtube jika anda mengguhnya ke youtube. Lalu stasiun tv yang melihat aktivitas anda yang melanggar hak cipta dan pedoman komunitas, akan melapor video yang anda unggah untuk ditindak lanjuti oleh tim youtube.

Cara menghindari Copyright youtube :


  • Jangan mengupload ulang video orang lain yang berhak cipta, anda boleh menggunakan sedikit cuplikan video saja, misalnya 5 sampai 13 detik. Atau jalan lainnya adalah, anda dapat mengunggah ulang video dengan status lisensi Creative Commons (CC). Cara mencari video yang berlisensi Creative Commons ini sangat mudah, anda dapat menuliskan judul video yang anda dan klik pada filter dan klik pada tulisan Creative Commons. Anda dapat menggunggah ulang video ini dengan aman, namun bukan berarti anda dpaat menguploadnya mentah-mentah. Anda dapat megedit video tersebut seperti biasa, buatlah video anda terlihat menarik dan nyaman dimata penonton. 
  • Jika anda ingin menggunakan lagu favorit anda untuk dijadikan backsound video, agar aman anda dapat mencahri lagu yang sudah di remix atau cover, lalu menghubungi pemiliki lagu tersebut untuk meminta izin terlebih dahulu. Lalu anda dapat menambahkan link pemiliki lagu pada deskripsi video anda. Anda juga dapat menggunakan musik backsound yang telah disediakan oleh youtube disini.
  • Jangan mengupload video rekaman yang anda rekam pada televisi, karena itu juga meruakan melanggar hak cipta. Anda akan dituntut oleh stasiun tv yang bersangkutan dengan cara melalaporka video anda ke tim youtube, atau yang lebih parahnya akan dibawa ke ranah hukum.
Lalu apa yang terjadi jika video anda terkena copyright?

  1. Video diblokir oleh beberapa negara atau semua negara (seluruh dunia) yang akan berdampak terjadinya suspend pada channel youtube anda.
  2. Anda tidak dapat mendapatkan uang dari video tersebut, penghasilan anda akan menjadi 100% milik pemilik video asli atau pemilik hak cipta, beberapa kasus dibagi 2 yaitu 50% 50%.
  3. Video anda akan di mute, video tetap ada namun tanpa suara.
Nah, sangat merepotkan bukan jika video kita diklaim melanggar hak cipta atau terkena copyright? maka saran saya bermain murni saja, maka lebih baik buatlah video original untuk diupload ke youtube, buatlah video menarik yang akan mendatangkan banyak pengunjung. Jika anda memang ingin menggunakan video orang lain, maka patuhi kebijakan youtube dan jangan dibuat-buat, mungkin awalnya video anda tidak berdampak apa-apa, namun lama kelamaan video anda akan terkena klaim hak cipta atau copyright, dan jika ini sering terjadi pada channel anda kemungkinan besar akan tejadinya suspend akun atau banned permanen.